img20200219102239-5e4e2fe6097f361fb72b0602.gif

Custom Text

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan secara keseluruhan bagi tubuh dan kehidupan Anda.  Kesehatan fisik, mental, dan emosional yang meningkat akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda dan membawa pengaruh positif kepada orang-orang di sekitar Anda.

Menerapkan gaya hidup sehat perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan bahkan kebiasaan makan Anda.  Hasilnya juga mulai bervariasi, Anda tidak dapat menjalankan atau mengharapkan perubahan gaya hidup yg sama dengan seseorang yang kondisi atau kesehatan tubuhnya berbeda dengan Anda, misalnya mengikuti model atau aktor idola.

Berikut adalah beberapa cara bagi memulai gaya hidup sehat yang dapat segera Anda terapkan dan untuk kebiasaan atau rutinitas baru.

1. sedang medical check up


Lakukan inspeksi tahunan (medical check up) yang mungkin belum pernah Anda lakukan atau sporadis Anda lakukan dan juga periksa daftar vaksinasi yang harus diperoleh.  Beberapa jenis vaksinasi diberikan lebih dari satu kali dengan jadwal spesifik.  Segera buat janji dengan dokter jika hasil inspeksi kesehatan rutin menunjukkan kelainan atau ada vaksinasi yang harus dilakukan.

Ketahui indeks massa tubuh Anda (BMI) dan ukur lingkar pinggang Anda untuk memeriksa apakah ada faktor risiko penyakit, seperti obesitas.  Anda dapat melakukan ini bersama dengan pemeriksaan rutin.  Juga kenali tingkat aktivitas fisik Anda, misalnya berapa banyak aktivitas yg dilakukan dalam seminggu dan intensitasnya seperti apa.  

Dengan mengetahui keadaan fisik dan kesehatan tubuh Anda, Anda mampu menentukan langkah selanjutnya dari perubahan gaya hidup sehat yg tepat untuk dilakukan.  Diskusikan dengan dokter Anda mengenai jenis kegiatan dan pola makan yang direkomendasikan bagi kondisi Anda.

2. menjaga pola diet dan pola makan, mulailah lakukan gaya hidup sehat


Mulailah membuat buku harian yg mencantumkan makanan apa yang Anda konsumsi setiap hari.  Ya, itu termasuk makanan cepat saji yg  Anda konsumsi sambil menunggu jadwal kereta, misalnya.  Buat itu tanpa penilaian.  Ingat, Anda melakukan ini bagi mencari tahu perubahan dari diet lama.  Anda tidak mampu beralih ke gaya hidup sehat jika Anda tidak tahu kebiasaan lama yg perlu dihapus atau dipertahankan.  Diskusikan dengan dokter Anda dan pakar gizi tentang jenis, jumlah asupan makanan, dan tips diet lainnya.

3. Perbanyak aktifitas fisik dan kelola stres


Meluangkan waktu 30 menit buat  olaraga setiap hari mungkin cukup sulit buat sebagian orang. Namun hal ini bisa membuat tubuh anda sehat, sekaligus terhindar dari penyakit penyakit yang kerap terjangkit pada manusia khususnya penyakit mental merupakan stres. Dengan berolahraga tubuh akan menjadi fit dan pikiran lebih tenang. Selain itu, anda juga bisa melakukan aktifitas berupa fisik lainnya seperti; jalan-jalan, bekerja, berorganisasi dan lain-lain.

VIDEO PILIHAN

Artikel ini telah ditampilkan oleh www.kompasiana.com dengan judul Yuk, Mulai Gaya Hidup Sehat.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here