Sudah Tahu 10 Cara Menerapkan Pola Hidup yang Sehat?

Sudah Tahu 10 Cara Menerapkan Pola Hidup yang Sehat?

Custom Text

Halaman 1

Menerapkan Pola hidup sehat adalah salah satu cara yg sangat di Idamkan oleh semua manusia. Mereka mulai berusaha untuk menjaga tubuh mereka, agar tetap sehat dan mampu beraktivitas seperti biasa.

Namun, apabila hanya sekedar ‘ingin’ saja, rasanya hal ini tak akan bisa di realisasikan dengan baik. 

Lalu bagaimana cara untuk mengubah norma buruk agar menjadi sebuah pola hidup yang sehat? 

1. Banyak Makan Sayuran.

Anda tahu bahwa Anda perlu untuk makan poly sayuran. Sayuran sangatlah baik bagi Anda karena mengandung poly vitamin dan serat-serat. Tapi rata-rata orang cuma mengonsumsi setengahnya saja dari berapa banyak yang harus mereka makan. Pada saat menonton televisi Anda bisa mengonsumsi apel-apel yang sudah di pangkas daripada harus mengonsum chicki. Anda bisa menghilangkan banyak kalori yg masuk ke dalam tubuh Anda dan memasukkan banyak nutrisi yg lebih baik.

2. Jangan makan snack berpengawet, konsumsi banyak protein.

Memang sangatlah sulit buat mengurangi konsumsi junk food pada saat perut Anda belum makan dan Anda sedang terburu-buru untuk pergi bekerja ataupun ke sekolah.

Ada beberapa piliham makanan yg baik yang bisa menunjang hari Anda agar lebih produktif. Makanlah banyak protien karena bisa membuat Anda lebih kenyang dan merasa puas dalam waktu yg lebih lama. Mulailah hari Anda dengan mengkonsumsi telur rebus, yogurt yunani dan ayam.

3. Jangan menyingkirkan Susu lemak.

Bagi Anda yg merindukan rasa dan bentuk dari susu dan yogurt penuh lemak karena berpikir kedua produk tersebut sangat baik buat ukuran pinggang Anda, Anda cukup beruntung. 

Tidak apa-apa buat memuaskan diri dengan mengkonsumsi produk susu reguler dari waktu ke waktu. Menurut suatu studi, meminum susu mempunyai keterkaitan dengan rendahnya resiko obesitas yang akan dialami. Hanya Anda perlu memastikan bahwa Anda tak mengkonsumsinya begitu berlebihan.

4. Perhatikan Porsi Anda.

Anda mungkin akan merasa buat memakan lebih lagi jika Anda sedang merasa lapar atau sedang melihat makanan favorit Anda. Tapi bukan hanya karena kedua hal itu saja yg membuat porsi makan Anda membludak.

Salah sesuatu faktor besar yang dapat menyebabkan Anda mengonsumsi banyak makanan adalah karena porsi besar yg Anda lihat.

VIDEO PILIHAN

§

Menurut suatu studi, Anda akan lebih banyak makan walaupun Anda tidak terlalu menyukainya mulai tetapi disajikan dalam porsi yang banyak. Jadi sebaiknya batasilah porsi makan Anda setiap harinya demi diet yg lebih baik.

5. Buatlah jurnal makanan Anda.

Hal ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan efekna sangatlah luar biasa dan mampu menyebabkan perbedaan yang begitu besar.

Membuat jurnal tidak hanya membuat Anda lebih waspada dengan pilihan makanan Anda, akan tetapi bisa membawa Anda ke diet yg lebih sehat.

Dalam satu studi, orang-orang yg membuat jurnal makanan mereka ternyata dapat menghilangkan berat badan mereka lebih dalam kurun waktu sesuatu tahun daripada mereka yang tidak membuat jurnal.

Anda mampu membuat jurnal dengan tulis sendiri di buku atau mampu mendownload aplikasi canggih seperti Evernote.

6. Makan banyak kacang-kacangan.

Makanan kaya protein tidak hanya terdapat pada makanan mahal seperti stik. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan.

Anda mampu menyajikannya dengan membuat sup kacang merah yg pedang atau lain sebagainya.

7. Sarapan dengan sayuran.

Tidak ada aturan bagi membatasi sayuran hanya untuk makan siang atau makan malam, makan pagi pun bisa. Jika Anda menginginkan diet yg sehat, mulailah hari Anda dengan mengkonsumsi sayuran.

Anda mampu membuat omelet dari telur dan memakannya dengan sayur bayam. Akan tetapi sebelum Anda sarapan, sebaiknya makan buah-buahan terlebih lalu mampu untuk menyegarkan badan sepanjang hari daripada Anda memakan sarapan lalu baru buahnya belakangan.

8. Batasi Menonton makanan di TV dan melihatnya di blog.

Anda niscaya pernah melihat foto-foto makanan yang berada di TV, blog dan majalah yang dikemas oleh para professional yang handal sehingga dapat menipu mata kita dan memerintahkan buat untuk makan.

Foto dari makanan dapat membuat tubuh Anda memproduksi ghrelin lebih poly, hormon yang bisa membuat Anda menjadi lebih lapar. Jadi mulai sekarang batasilah untuk melihat foto makanan di TV ataupun blog.

9. Rencanakan Menu Setiap Hari.

VIDEO PILIHAN

Artikel ini telah ditulis oleh www.kompasiana.com dengan judul Sudah Tahu 10 Cara Menerapkan Pola Hidup yang Sehat?.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.