Studi: Gaya Hidup Sehat Bisa Perpanjang Usia Sampai 14 Tahun

Studi: Gaya Hidup Sehat Bisa Perpanjang Usia Sampai 14 Tahun

Custom Text

Jakarta – Belakangan ini semakin banyak orang, termasuk di Indonesia, yang menjalani gaya hidup sehat. Menerapkan gaya hidup sehat, setidaknya dalam lima hal, ternyata mampu memperpanjang harapan hidup sampai 14 tahun bagi wanita dan 12 tahun untuk pria.

Itu adalah kesimpulan studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health. Kelima hal yang dimaksud adalah konsumsi sayuran, buah dan makanan rendah lemak, beraktivitas fisik tingkat melakukan hingga berat selama beberapa jam dalam seminggu.

Lalu, menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok dan mengkonsumsi tidak lebih dari sesuatu minuman beralkohol per hari.

Untuk menindaklanjuti data itu, para peneliti seperti menelusuri lebih jauh usia harapan hidup tanpa terkena tiga penyakit kronis yakni penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Hasilnya, dilansir dari Time dan Antara, 9 Januari 2020, studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ itu memamerkan, wanita dapat memperpanjang harapan hidup bebas penyakit setelah usia 50 tahun sekitar 10 tahun.

Sedangkan pria mampu menambah sekitar delapan tahun lebih banyak, daripada orang yg tidak memiliki kebiasaan hidup sehat.

“Memperpanjang harapan hidup tidak cukup, kami ingin memperpanjang rentang kesehatan, sehingga harapan hidup yg lebih panjang, sehat dan bebas dari penyakit kronis dan kecacatan terkait dengan penyakit itu,” terang Dr. Frank Hu, ketua departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

§

Artikel ini telah ditampilkan oleh www.liputan6.com dengan judul Studi: Gaya Hidup Sehat Bisa Perpanjang Usia Sampai 14 Tahun.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.