Strategi Hidup Lebih Sehat di Tahun 2020

Strategi Hidup Lebih Sehat di Tahun 2020

Custom Text

Mengutip kutipan yang sangat terkenal di global kesehatan, yaitu “Mens sana in corpore sano“ yang berarti “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat“ niscaya sudah sangat tidak asing bagi kalian para individu yang sudah sangat aware untuk menerapkan pola hayati sehat. Di mana kesehatan yang dijaga bukan cuma kesehatan jasmani saja tetapi juga menjaga kesehatan rohani secara seimbang.

Kesehatan adalah kondisi sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang buat hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Menjaga pola hidup sehat sangatlah utama baik bagi seorang karyawan maupun pelajar. Karena, tingkat kesehatan berbanding lurus dengan performa Anda baik dalam bekerja maupun dalam menimba ilmu.

Bayangkan saja, apabila Anda tiba-tiba terserang penyakit ketika pekerjaan sedang dalam masa deadline atau Anda sedang menjalani ujian, maka pasti performa Anda tidak akan sebesar di mana saat Anda dalam keadaan sehat dan bugar.

Suara.com – Berikut adalah dua strategi hidup lebih sehat yang dapat diterapkan di tahun 2020 ini:

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga yang dikerjakan tidak harus berupa olahraga yang membutuhkan tingkat intensitas yg tinggi. Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan berbagai macam pilihan seperti jogging pagi, bersepeda, mengikuti kelas yoga, atau hanya sekedar jalan kaki pagi menuju taman terdekat. Yang perlu dilakukan hanyalah mencoba untuk menjaga rutinitas berolahraga.

Studi yg dilakukan oleh Dr Benjamin Levine (2017) memperlihatkan bahwa, olahraga rutin sebenyak 4 kali dalam seminggu sangat efektif dalam mencegah imbas penuaan jantung. Studi lainnya yaitu penelitian oleh American Journal of Psychiatry, menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk berolahraga 1 jam per minggu dapat mencegah munculnya penyakit depresi.

  1. Menjaga pola tidur

Tidur merupakan waktu di mana organ-organ kami “beristirahat“, oleh karena itu bentuklah pola tidur yg baik. Pola tidur berantakan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Tidur juga merupakan waktu di mana tubuh kami membuang racun secara alami. Tidurlah secara cukup, jangan kurang, karena kurang tidur menyebabkan tubuh memiliki waktu lebih sedikit bagi membuang racun-racun yang ada di tubuh. Durasi tidur yg ideal adalah selama 6-8 jam per malam.

  1. Makan makanan sehat dan rutin sedang detoks tubuh

Apakah Anda sudah terbiasa mengkonsumsi makanan sehat? Berapa poly makanan junk food yang Anda konsumsi selama satu minggu? Sekarang sudah saatnya Anda berubah dari pola makan yang tak sehat seperti mengkonsumsi junk food, terlalu poly mengkonsumsi minuman berkafein atau bersoda tinggi, dan berbagai jenis pola makan tidak sehat lainnya menuju pola makan sehat.

Pola makan sehat yang dapat Anda terapkan adalah dengan lebih poly mengkonsumsi sayuran dan buah. Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi makanan yang rendah kalori seperti kentang rebus atau oatmeal untuk mengganti sumber bahan bakar yang dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas.

Kemudian, perlu juga dilakukan detoksifikasi tubuh secara rutin yaitu dengan meminum jus sayur atau jus buah. Jus sayur dan jus buah mengandung antioksidan tinggi yg dapat mendorong racun keluar dari tubuh kalian. Jangan lupa pula, konsumsi air mineral yg cukup sangat dianjurkan dalam menerapkan pola makan yg sehat.

  1. Menghindari paparan negatif baik lingkungan atau social media

Manusia terkadang hanya berfokus bagi menyehatkan badan atau raganya saja tetapi melupakan kesehatan mental atau jiwanya. Sumber terbesar pengaruh negatif terhadap kesehatan mental seringkali muncul dari lingkungan atau social media. Mulailah menghindari paparan-paparan negatif dari lingkungan sekitar dengan memilih lingkaran pertemanan yg baik.

Sudah saatnya Anda melepas teman Anda yg sekiranya sangatlah toxic di kehidupan Anda. tidak ada untungnya menjaga pertemanan yang toxic, karena pertemanan seperti ini justru memperbesar kemungkinan Anda dalam terkena serangan depresi atau stress.

Kemudian, mulailah menggunakan social media Anda dengan lebih baik. Hindari pertengkaran-pertengkaran tidak perlu secara online. Hindari sedang cyber bullying, karena cyber bullying sering kali menjadi penyebab penting seseorang mengalami depresi yang bahkan dapat mendorong seseorang untuk mengakhiri hidupnya.

Anda memang memiliki kebebasan untuk memakai social media Anda, tetapi harus tetap dalam batasan yang wajar. Mulailah membagi konten-konten yang lebih bermanfaat daripada membagikan konten yang belum jelas kebenarannya.

  1. Rutin sedang medical check up

Mengenal istilah medical check up yaitu yang berarti inspeksi kesehatan secara menyeluruh, di mana melalui inspeksi ini diharapkan penyakit atau gangguan kesehatan dapat dideteksi sejak dini. Janganlah Anda takut melakukan medical check up karena risi akan hasil yang didapatkan, karena melalui tes ini justru Anda dapat mendeteksi penyakit atau gangguan kesehatan apa yg sedang Anda rasakan saat ini yang kemudian mampu direncanakan metode penanganan dan pengobatannya yang tepat sebelum gangguan tersebut berkembang lebih jauh.

Salah sesuatu manfaat terbesar dari rutin melakukan medical check up adalah Anda memiliki catatan kesehatan tubuh Anda ketika ini. Catatan kesehatan ini sangat berguna bagi dokter bagi menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil dalam menangani gangguan yg sedang Anda alami.

Misalnya, jika ternyata Anda menderita terdeteksi menderita tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, maka dokter dapat menganjurkan kepada Anda untuk mengontrol konsumsi sodium dan makanan berlemak tinggi. Walaupun penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi tak dapat disembuhkan secara sepenuhnya, tetapi Anda tetap dapat mengontrolnya dengan pola makan dan pola hidup yg lebih sehat.

Keinginan untuk menjalani hidup yg lebih sehat memang datangnya dari dalam diri masing-masing, karena hanya masing-masing individulah yang mengetahui di tingkat manakah kesehatan baik jiwa dan raganya berada. Dalam menyongsong abad yang baru, marilah kalian hidup dengan pola hidup yang lebih sehat!

Artikel ini telah ditulis oleh www.suara.com dengan judul Strategi Hidup Lebih Sehat di Tahun 2020.
Silahkan share jika bermanfaat.