Resep Sate Telur Gulung Crispy Ekonomis Isi Sosis, 1 Resep jadi 24pcs

Resep Sate Telur Gulung Crispy Ekonomis Isi Sosis, 1 Resep jadi 24pcs

Custom Text

Sate Telur Gulung – Ini adalah jajanan nostalgia saat masih duduk di bangku sekolah dasar yang menjadi favorit sampai sekarang. Teksturnya kriuk crispy, dan paling mantap kalau disantap hangat-hangat dengan cocolan sambel favorit. Seperti saus tomat, saus sambal dan juga mayonaise.

Sebenarnya sudah bolak balik bikin sate telur gulung crispy ini. Dari yang sate telur gulung original tanpa isian, sampai sate telur gulung isi sosis dan telur puyuh yang biasanya di jual di steet food atau Mall. Tapi akhirnya baru kesampaian buat nulisin resep sate telur gulung ini di my blog Doyanresep.com.

Baca Juga : Cara Membuat Resep Puding Telur Ceplok Buah Mangga orisinil Enak Mudah 

Cara membuat sate telur gulung ekonomis yang satu resep dapat jadi 24 pcs ini tentu saja perihal yang gampang. Namun Anda harus menyimak step by step proses dan juga trik sukses dalam membuatnya agar anti gagal.

Hampir seperti membuat cilor (cilok telor), cimol, cireng dan batagor. Sate telur gulung isi sosis di untuk dengan cara di goreng. Hanya saja saat di goreng telor dadar harus di gulung atau di lilitkan ke sebuah tusuk sate sehingga bentuknya seperti sate ayam lilit Bali dan juga sate telor.

Simak Juga : Cara Membuat Resep Aren Arem Sambal Goreng Ati Kentang 

Penasaran atau ingin kembali mengenang jajanan era 90-an? Yuk segera saja simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Sate Telur Gulung Ekonomis seperti berikut ini.

Bahan Bumbu Telur Gulung :

  • Telur 4 butir
  • Air 90 mili liter
  • Kaldu ayam 1 blok
  • Garam 1 sendok teh
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Sosis 3 buah (potong jadi dua, masing-masing potongan di belah empat. Jadi 1 sosis bisa jadi 8 pangkas, total 24 potong)
  • Tusuk sate 24 pcs

Bahan dan Alat untuk Menggoreng Telur Gulung :

  • Minyak goreng secukupnya
  • Rantang tebal atau panci seukuran rantang untuk menggoreng (saya sengaja pakai rantang, biar minyaknya lebih irit)

Proses Pembuatan Sate Telur Gulung Isi Sosis :

  1. Pertama-tama ambil sesuatu potongan sosis, tusuk ke tusukan sate pelan-pelan. Pastikan sebagian ujung tusuk satenya lebih pipih sehingga potongan sosis mampu masuk semua dengan sempurna. Lakukan sampai habis, sisihkan.
  2. Masukkan bahan telur dan bumbu ke dalam sebuah wadah. Kocok telur sampai rata, pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  3. Tempatkan panci rantang di atas kompor, tuangi minyak sampai 3/4-nya. Pastikan ketika tusuk satenya dicelupkan ke dalam minyak, sosisnya terendam semua.
  4. Selanjutnya panaskan minyak dengan menggunakan api melakukan sampai benar-benar panas. Lalu celupkan 1/2 batang tusuk sate dengan tetap dipegang, diamkan sebentar sampai sosis matang.
  5. Lalu dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuang kocokan telur secukupnya sambil di mixer dengan arah melingkar pakai tusuk sate. Gulung secepatnya ke pinggir rantang untuk membantu telur tergulung dengan rapi. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat.
  6. Lakukan proses menggoreng sampai selesai. Tata sate telur isi sosis di atas tisu makan untuk mengurangi minyak yang menempel di telur gulung.
  7. Jika suka dapat potong gagang sate lebih pendek lagi. Jadi lebih rapi dan tak terlalu kepanjangan saat di sajikan.
  8. Sajikan hangat-hangat dengan saos sambal, mayonaise, bubuk bon cabe atau bubuk baberque sinkron selera.
sate telur gulung

Sate Telur Gulung – Credit : Wardat El Ouyun Cookpad

Tips dan Trick Membuat Sate Telur Gulung Sosis Krispi :

  1. Setiap kali akan menuangkan adonan telur ke minyak, sebaiknya selalu dikocok telebih dahulu, karena kalau tak sering-sering dikocok adonan putih telur akan mengendap dibawah. Nanti hasilnya jadi kurang bagus, kurang bersarang dan juga menjadi menggumpal dan tak crispy.
  2. Resep sate telur gulung sosis yang ngehitz di Korea ini yaitu versi mini, karena 1 sosis dipotong jadi 8 buah, hasilnya pun jadi banyak.
  3. Kalau mau bikin ukuran sate telur lilit yang lebih besar lagi maka sosisnya cukup dipotong jadi 2 pcs, Dan kalau ukuran besar maka 1 resep bisa jadi 10-12 buah.
  4. Untuk penggunaan telur tak harus melulu telur ayam atau bebek, karena saya pernah mencoba pakai telur puyuh hasilnya oke juga. 1 telur ayam bisa diganti dengan 4-5 telur puyuh.
  5. Kalau bosan dengan sosis, isian bisa diganti dengan telur puyuh atau bakso pentol agar hasilnya gandut montok.
  6. Jadi buat isian suka-suka saja sesuai selera, bisa telur puyuh rebus, potongan sosis, potongan tahu goreng atau tempe goreng juga boleh. Atau di bikin sederhana tanpa isian juga boleh.
  7. Silahkan berkreasi sesuai selera saja.

Di sini pasti ada yg bertanya, kenapa sih saat menggorengnya pakai rantang? Jawabannya adalah biar minyaknya irit saja sih. Karena wajan cekung di rumah adanya ukuran jumbo, mau pakai panci juga kegedean. Hais, mampu tambah boros minyaknya kan. Makanya rantang nasi atau rantang susu yg ukurannya mini jadi sasaran buat menggorengan.

Jangan Lewatkan : Resep Martabak Shanghai Ayam Kentang Wortel bagi Isian Snack Box dan Sajian Arisan 

Selain menggunakan bahan dasar telur, kini lagi booming jajanan yang dililit. Sampai-sampai Indomie goreng, sayuran kubis, bihun dan kwetiauw pun jadi korban kelilitan pada penjual. Walaupun sebagai bahan utama, tapi telur kocok tidak ketinggalan bagi merekatkan aneka kreasi camilan tersebut.

Selamat coba dan berkreasi sendiri dengan . Kalau buat jualan di depan SD, alun-alun, pasar dan pusat keramaian lainnya bisa di hargai Rp 1.000.- per pcs nya.

Semoga bermanfaat 🙂

Artikel ini telah ditulis oleh doyanresep.com dengan judul Resep Sate Telur Gulung Crispy Ekonomis Isi Sosis, 1 Resep jadi 24pcs.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.