resep-masakan-nusantara.jpg

Custom Text

Resep kuliner Nusantara Ayam Rica-Rica Pedas Khas Manado


Berikan evaluasi Sekarang

Keluarga anda suka dengan makanan yang pedas? Anda bisa mencoba resep kuliner nusantara khas Manado ini untuk sajian spesial keluarga anda. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki poly sekali macam makanan khas yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, yang salah satunya adalah ayam rica-rica pedas khas Manado. Menu masakan khas nusantara yang satu ini memang cukup populer, terutama di kalangan penyuka kuliner pedas karena memiliki cita rasa yang lezat dengan bumbu yang pedas. Nama rica-rica sendiri memang memiliki arti bahwa makanan ini didominasi ini oleh cabai pedas sebagai salah satu bumbunya. Untuk itu, makanan khas Manado yang satu ini tentu sangat cocok untuk lidah yg tahan pedas. Anda ingin mencoba membuatnya? Yuk simak lebih lanjut.

Untuk membuat ayam rica-rica pedas khas Manado ini sebenarnya cukup mudah karena bumbu rempah yg dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan, seperti bumbu rempah buat masakan ayam pada umumnya saja. Hanya saja dalam resep masakan nusantara satu ini, anda tentu perlu menggunakan cabai rawit yg cukup banyak agar cita rasa pedasnya mulai lebih terasa. Nah langsung saja, berikut resep ayam rica-rica pedas khas Manado untuk anda.

Bahan

Bahan dan bumbu :

     1 ekor ayam segar,

     2 batang serai, memarkan

     1 cm jahe, geprek

     8 lembar daun jeruk

     Garam secukupnya

     Gula secukupnya

     Air secukupnya

     Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

     4 siung bawang putih

     8 butir bawang merah

     18 buah cabe merah besar

     6 buah cabe rawit merah, jika suka pedas bisa ditambah sesuai selera

Cara Membuat Rica-Rica Khas Manado

1.    Dalam resep masakan khas nusantara ini, pertama ayam dicuci terlebih dahulu sampai bersih dahulu potong-potong sesuai selera. Setelah itu, ayam kemudian digoreng dengan api melakukan sampai setengah matang saja. angkat lalu tiriskan.

2.    Kemudian panaskan minyak secukupnya saja dahulu tumis semua bumbu halus. Aduk-aduk sampai tercium aroma yg harum.

3.    Selanjutnya masukkan potongan ayam yg sudah digoreng setengah matang tadi ke dalam tumisan bumbu dan aduk-aduk sampai bumbu meresap ke dalam ayam.

4.    Tambahkan air secukupnya lalu aduk sampai rata. Masukkan juga jahe, batang serai, daun jeruk, gula dan garam secukupnya. Aduk lagi sampai seluruh bumbu tercampur rata.

5.    Masak hingga ayam benar-benar matang dan sudah empuk dengan bumbu yang meresap dalam daging ayam. Setelah itu angkat lalu masukkan ke dalam piring saji.

6.    Rica-rica khas Manado siap dihidangkan.

Demikian ulasan tentang resep masakan nusantara khas Manado yaitu ayam rica-rica pedas yang enak dan lezat. Sajikan dengan nasi hangat dan tambahan kerupuk, agar makan keluarga anda akan terasa lebih nikmat. Selamat mencoba

Oleh: hariliburnasional.com

Berikan evaluasi Artikel

Artikel ini telah ditampilkan oleh hariliburnasional.com dengan judul Resep Masakan Nusantara Ayam Rica-Rica Pedas Khas Manado – Hari Libur Nasional.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here