Screenshot_2016-03-31-17-29-31-1.png

Custom Text

        Bunda milik keluarga yang cukup banyak? Ingin menyajikan kuliner yang bisa membuat kenyang seluruh keluarga besar? Kenapa gak coba bikin kambing guling aja Bun. Kambing guling? Kambing yg berguling-guling maksudnya? Ternyata bukan gitu maksudnya Bun. Kambing guling merupakan masakan yg bercitarasa khas Timur Tengah. Masakan ini emang berbentuk daging kambing yg masih utuh berikut dengan tulang-tulangnya. Kalo boleh dibilang, bikin kambing guling serasa pesta besar.
Untuk mengisi perut yg lapar setelah seharian berpuasa, enaknya bikin kambing guling. Selain moment buka bersama bersama hanya di bulan Ramadhan, harga kambing pun terbilang murah dengan ukuran yg gak terlalu besar. Biar gak terasa berat, setiap orang harus patungan buat beli kambingnya Bun. Jadi pengeluaran Bunda mampu lebih irit, namun bisa bikin sebuah pesta bakar kambing guling.
Aqiqah 1000 Berkah kali ini bakalan ngasih tau Bunda cara bikin kambing guling yg empuk. Simak baik-baik yah Bunda, biar rasa kambing gulingnya mantap dan laziss.

● Bahan utama:

1 ekor kambing guling muda yang ukurannya dapat disesuaikan dengan budget. Minta tukang potong kambing untuk membersihkan bagian isinya, dan juga dibuang kepala serta kakinya. Biar tidak mubazir, kepala sama kakinya dapat dijadikan tambahan sop kaki kambing atau tongseng kambing juga Bun.

● Bahan untuk bumbu:

• 150 gram gula merah
• 100 mili liter minyak goreng
• 1 botol kecap manis (bebas mereknya Bun)
• ¼ kilogram bawang putih yang sudah dihaluskan
• ½ kilogram ketumbar yang sudah disangrai dan dihaluskan
• 1 sendok teh biji pala halus
• 1 sendok makan lada bubuk
• 2 sendok makan garam
Bumbu cocolan saus sambal kambing guling
• Daun jeruk 30 lembar
• Bawang merah 200 gram yang sudah dipotong-potong
• Jeruk limau 10 buah kecap manis ½ botol
• Tomat ½ kilogram yang dipotong kotak-kotak kecil
• Cabe hijau ¼ kilogram yang sudah dirajang
Cukup poly sekali perlengkapan bumbunya Bun. Ya iyalah, namanya juga bikin makanan buat satu RT, eh satu keluarga besar.

● Cara Memasak kambing guling empuk:

1. Siapkan 1 kambing muda yang sudah dibersihkan bagian isi perut, kaki dan kepalanya.

2. Siapkan sebuah wadah besar dan masukkan bahan-bahan seperti gula merah yang diiris tipis, minyak goreng, kecap manis, bawang putih, ketumbar dan juga biji pala. Tak ketinggalan juga lada bubuk dan 2 sendok garam. Aduk hingga merata Bun biar mantap.

3. Setelah siap, lumuri daging kambing dengan bumbu tersebut ke semua bagian. Biar gampang, gunakan tangan saja sehingga setiap bagiannya terolesi.

4. Nah biar bumbu meresap dengan paripurna, diamkan kambing guling itu selama 1 jam. Biar ga kesel nunggu lama, mendingan ngaji dulu atau nonton tausiyah biar berpahala juga Bunda puasanya. Sekalian biar ga terlalu kepikiran gimana rasanya tuh kambing.

5. Sembari nunggu juga, siapkan panggangan khusus buat kambing guling yg bisa Bunda beli di toko khusus perlengkapan alat panggang atau barbeque. Nah panggang tuh kambing di atas bara api sambil diputar-putar layaknya kambing yg sedang bergulingan. Sebaiknya gantian buat memutar alat tersebut biar gak pegal. Jarak terbaik buat manggang kambing biasanya 40 cm dari atas batu bara.

6. Sesekali olesi juga kambing tersebut dengan sisa bumbu yg sebelumnya sudah dioles. Terus panggang kambingnya Bun hingga berubah warna dan kelihatan cukup matang.

7. Biar gak saling berebut, iris daging kambing itu ke setiap piring yg sudah dikasih kecap manis.
Cara membuat saus sambal cocol
Campur semua bahan saus sambal dan aduk hingga merata.

Cukup mudah kan Bunda resep bikin kambing guling yg empuk. Nah kini buat keluarga Bunda yg banyak jumlahnya, menghidangkan kambing guling bisa menjadi salah sesuatu solusi santapan mantap saat berbuka puasa. Selamat coba dan menikmati ya Bunda.

Artikel ini telah ditulis oleh 1000berkahaqiqah.blogspot.com dengan judul Resep kambing guling Ala AQIQAH 1000 BERKAH.
Silahkan share jika bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here