043083100_1565078003-shutterstock_483904708.jpg

Custom Text

Pedas dan Manis | by Shodiq Ibrahim

Hallo teman-teman, kali ini saya akan membagikan . Ayam Bakar yaitu makanan yang sudah tidak asing asing lagi telinga kita.

Ayam Bakar yaitu masakan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia dan juga Luar Negeri. Kali ini Saya Akan memberikan resep ayam bakar Kecap.

Tapi sebelu itu kita mesti mengetahui terlebih lalu apa itu Ayam Bakar. Ayam Bakar yaitu masakan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia dan juga Luar Negeri.

Karena ayam bakar terbuat dari berbagai rempah-rempah pilihan, makanan ini biasanya bisa kita jumpai di warung pingir jalan. Di pulau Jawa sendiri, ayam bakar biasanya terlebih dahulu direndam dengan campuran kecap manis serta minyak kelapa, dioleskan dengan kuas selama memanggang.

Jumlah cabai, kunyit dan juga rempah-rempah lainnya, serta tidak adanya kecap manis. Campuran dari berbagai bumbu bumbu juga mampu bervariasi di setiap wilayah, tetapi biasanya terdiri hanya dari kombinasi antara bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, jus asam, kemiri, kunyit, lengkuas, dan juga garam.

Potongan ayam biasanya sebagian dimasak dalam campuran bumbu memakai api kecil sebelum dipanggang, agar ayam dapat menyerap bumbu secara maksimal. Selama proses pemanggangan, sisa bumbu tadi diaplikasikan pada ayam.

Pada saat kumpul kumpul tersebut yang niscaya paling enak kalau dimasuki kegiatan dengan acara bakar bakaran ya kan. Tentulah pada umumnya memang acara bakar ikan atau bakar ayam yaitu salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat menunggu pergantian tahun baru atau lainnya.

Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal terasi (cabai dengan terasi ) atau juga dapat dengan sambal kecap (irisan cabai dan bawang merah dalam kecap manis) sebagai saus celup atau bumbu dan irisan mentimun dan tomat sebagai hiasan

Berbagai jenis


Bumbu Spesial Enak

  • Satu ekor ayam ukuran sedang besar. Bisa menggunakan ayam kampung atau ayam pangkas. Potong ayam menjadi 4–6 bagian atau sinkron selera.
  • 6 siung bawang merah.
  • 8 buah cabai merah keriting.
  • 4 siung bawang putih
  • Buah cabai rawit kurang lebih sebanyak 8–10 pcs atau sinkron selera.
  • Lengkuas ukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa.
  • Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  • Ketumbar butiran kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  • Jahe ukuran melakukan besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  • Daun salam ukuran melakukan besar kurang lebih sebanyak 3–4 lembar saja.
  • Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • 6 sendok makan kecap manis.
  • Air bersih bagi merebus kurang lebih 300–400 ml.
  • Air jeruk nipis 1 sendok teh.
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 1 sendok teh gula pasir putih.

Cara Membuat Ayam Bakar Kecap

  1. Cuci bersih ayam yg telah dipotong lalu tiriskan sebentar dan cuci juga segala bahan yang akan digunakan.
  2. Lumuri ayam yang sudah dicuci higienis dengan air jeruk nipis. Biarkan sebentar.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, garam dan gula pasir yang sudah dipersiapkan. Supaya lebih cepat, bisa menggunakan blender untuk proses penghalusan bumbu ayam bakar kecapnya.
  4. Lumuri kembali ayam diatas degan bumbu bumbu diatas yang sudah dihaluskan. Lapisi semua bagian sampai benar benar rata.
  5. Diamkan sebentar supaya bumbu meresap ke dalam dagingnya. Kurang lebih butuh waktu selama 30–40 menit.
  6. Siapkan sesuatu panci untuk mengungkep ayamnya. Masukkan ayam diatas beserta segala bumbu halusnya dan beri air bersih secukupnya.
  7. Rebus atau ungkep ayam dan masukkan daun salam, air asam dan kecap manis kental yg sudah dipersiapkan. Sekali-kali diaduk supaya semua bumbu tercampur rata dan meresap ke dalam daging ayamnya.
  8. Ungkep ayam dengan api melakukan sampai daging empuk dan air rebusan menyusut (air mengental menjadi seperti kuah kental).
  9. Setelah empuk, angkat daging ayamnya dan tiriskan sebentar sebelum dibakar. Sisa bumbu jangan dibuang karena akan dipakai untuk mengolesi daging saat proses pembakaran nanti.
  10. Siapkan bakaran ayam dan bara api panas. Bakar sampai permukaannya kering dan tercium bau harum.
  11. Jangan lupa bolak balik daging ayamnya dan sesekali di lumuri lagi dengan bumbu ungkepan supaya sahih benar meresap dan hasilnya lebih enak.

resep ayam bakar Spesial

Bahan utama :

· 1 potong ayam segar, bagi menjadi 8–10 bagian sesuai selera

· 2 batang serai, cuci kemudian geprek atau memarkan

· 1 sendok makan air perasan jeruk nipis

· 1 sendok teh garam

· 5 lembar daun jeruk

· 2 cm lengkuas, memarkan

· 4 sendok makan air asam Jawa

· 250 ml santan kental

· 4 lembar daun salam

· 8 sendok makan kecap manis

· 2 sendok makan minyak goreng buat menumis

Bumbu Halus :

· 7 siung bawang putih

· 10 siung bawang merah

· 3 buah cabai merah

· 1 sendok makan ketumbar, sebaiknya sangrai terlebih dahulu

· 2 sendok teh jintan hitam

· 3 sendok makan gula merah sisir

· 1 sendok teh merica bubuk

· 1 cm jahe

· 2 cm kencur

· 2 sendok teh garam

· 1 cm kunyit bakar

Setelah segala bahan utama dan bumbu halus disiapkan, kami bisa memulai untuk mengolah menu masakan ayam bakar kecap spesial.

Langkah-Langkah Membuat Ayam Bakar Kecap Spesial :

  1. Anda harus mencuci bersih ayam yg akan diolah. Setelah dicuci bersih, Anda bisa melumuri ayam tersebut dengan campuran air perasan jeruk nipis dan garam yg telah tersedia.
  2. Ayam yg telah dilumuri kemudian didiamkan sekitar 15 menit dulu dibilas dan ditiriskan hingga ayam kering.
  3. Anda siapkan penggorengan dengan minyak goreng sedikit buat menumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu halus hingga beraroma harum dulu masukkan ayam serta serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk.
  4. Masak ayam hingga warna ayam berubah. Bila ayam sudah berubah warna, Anda mampu menambahkan air asam Jawa dan kecap manis di atas ayam. Aduk-aduk hingga merata dan tekstur ayam menjadi lunak. Bila sudah, Anda bisa mengangkatnya untuk proses pembakaran.
  5. Langkah terakhir dalam pembuatan ayam bakar kecap adalah proses pembakaran atau pemanggangan. Anda siapkan tempat pembakaran dan pastikan bara apinya stabil sehingga ayam mampu dibakar dengan maksimal dan warnanya cantik.
  6. Bila Anda ingin menggunakan Teflon bagi memanggang, Anda sebaiknya tidak menambahkan minyak ataupun mentega karena ini mulai memberikan kesan kurang kering dan terbakar.
  7. Bakar atau panggang ayam hingga ayam mengalami perubahan rona menjadi lebih gelap. Berikan olesan dengan bumbu residu di atas ayam sehingga ayam semakin lezat. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam kondisi masih hangat.

Artikel ini telah ditulis oleh medium.com dengan judul Resep Ayam Bakar Kecap.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.