Pola Hidup Sehat Sejak Dini, Turut Menjaga Hari Tua

Pola Hidup Sehat Sejak Dini, Turut Menjaga Hari Tua

Custom Text

Halaman 1


Mens sana in corpore sano
, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Sederhananya, dengan menjaga kesehatan fisik, kita juga menjaga kesehatan jiwa. Tubuh yang prima dan jiwa yang sehat tentunya mimpi setiap orang.

Menjaga kesehatan tentunya harus dilakukan sejak dini. Dengan menjaga kesehatan tubuh sejak dini, kita  telah mempersiapkan hari tua dengan baik. Investasi yang tidak dapat dihitung nominalnya.

Kondisi kesehatan yang baik tentunya berbanding lurus dengan prodiktivitas sehari-hari. Lantas siapa yang tidak mau hidup sehat dan produktif? Setiap orang tentunya ingin hayati sehat juga produktif.

Perkembangan zaman dan kemudahan akses informasi sesungguhnya memudahkan setiap orang untuk menjaga pola hidup sehat. Kita akan dengan mudah untuk menemukan tips-tips pola hidup sehat, bahkan kita dapat mendapatkan konsultasi gratis.  Pada akhirnya semua kembali pada diri kalian sendiri, ingin pola hidup sehat atau tidak?

Kita mungkin menyadari mulai penting kesehatan, akan tetapi kesibukan sehari-hari terdakang membuat kalian abai dan lalai. Hingga pada suatu ketika tubuh kalian drop akibat penyakit lalu butuh istirahat yg cukup lama baru kita sadar akan pentingnya kesehatan. Kita terkadang disadarkan lewat penyakit, lalu mejalani pola hidup sehat.

Tubuh yg prima dan jiwa yang sehat tentunya didapatkan dari pola hidup sehat. Lalu, bagaimana menjalani pola hidup sehat sejak dini?

Pola hidup sehat aku dapatkan sejak kecil, almarhum kakek yang mengajarkannya. Pola hidup sehat diajarkan dari hal-hal mendasar seperti sebelum makan wajib cuci tangan, makan harus lengkap dengan lauk pauk serta buah dan susu, dan setiap makanan harus disyukuri lewat doa.

Selain keseimbangan makanan, pola hidup sehat juga erat kaitan dengan refreshing otak dan pola tidur. Membaca dan mendengarkan cerita sebelum tidur merupakan aktivitas masa kecil yg saya lalui. Dengan mendengarkan cerita mampu menghantarkan aku menuju tidur yang berkualitas. Sehingga waktu tidur sekitar 8 jam mampu dikategorikan tidur yang berkualitas. Lalu, satu hal yg paling utama setiap sebelum tidur dan mengawali hari dibalut dengan doa. Selanjutnya, doa menurut saya menuntun kita untuk menjaga kesehatan jiwa.

VIDEO PILIHAN

§

Beranjak dewasa, pola hidup sehat terus saya lanjutkan. tidak jauh berbeda dari masa kecil, pola makanan yg seimbang, menjaga kesehatan jiwa, dan menjaga ketahan fisik lewat olahraga.

Lewat pola makan yang seimbang, kita dapat memenuhi asupan suplemen yang dibutuhkan tubuh. Hal mendasar yang harus kita perhatikan saat ingin memiliki fisik yang prima.

Selain pola makan, otot-otot tubuh kita tentunya perlu gerakan sehingga tak kaku lalu darah dapat mengalir dengan lancar. Tubuh kita perlu digerakkan dengan teratur. Organisasi Kesehatan global (WHO) dalam Global Recommendations on Physical Activity for Health menganjurkan bagi melakukan olahraga minimal 150 menit per pekan. Dengan minimal olahraga 150 menit per pekan, akan sangat bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan.

Untuk menjaga keadaan badan yang prima, menyisihkan waktu 30 menit setiap hari bagi olahraga sudah cukup baik. Banyak jenis olahraga yg bisa dilakukan seperti treadmill, berlari, berenang, atau senam aerobik. Dengan olahraga kardio dan aerobik, akan menolong meningkatkan fungsi jantung dan membuat aliran darah semakin lancar.

Selanjutnya, olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan dan anda mampu melalukan di rumah, kantor, atau tempat gym.

Perlu diingat, dalam melakukan olahraga jangan sampai terlalu lama dan memaksa otot karena justru mulai membuat tubuh kita cidera berkepanjangan  atau bahkan cidera. Ingat, olahraga yang kita lakukan adalah bagi menunjang kebugaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain asupan suplemen bagi tubuh dan olahraga, emosi atau jiwa juga butuh asupan. Menjaga kesehatan jiwa dan  emosi hal yg harus diperhatikan jika ingin tampil prima dalam kehidupan sehari-hari. Emosi yang tidak terkendali yang berujung stres justru melemahkan sistem imun, sehingga memicu terkena penyakit

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa, seperti latihan kontemplasi, meditasi, olahraga dengan teman, sharing, menonton dengan orang-orang terdekat, travelling, dan aktivitas positif lainnya.

Membaca, doa, dan kontemplasi merupakan hal yang saya lakukan dalam menjaga kesehatan jiwa. Asupan informasi-informasi baru bagi otak turut menyehatkan jiwa kalian. Selanjutnya, kehidupan yang kita jalani harus tetap direfleksikan lewat doa, meditasi, dan juga kontemplasi. Dengan demikian kita mulai tetap mensyukuri setiap perjalanan hidup kita.

Menjaga keseimbangan pola makan, olahraga, dan kesehatan jiwa merupakan cara yg ideal untuk menjaga kesehatan. Dengan kondisi kesehatan yg prima, kita akan semakin produktif karena bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Dengan pola hidup sehat sejak dini, kita turut menjaga aset kita hingga hari tua, yakni kesehatan.

VIDEO PILIHAN

§

Akan tetapi dalam keadaan tertentu, tubuh kita bisa saja terkena penyakit. Dimana membutuhkan biaya untuk pengobatan. Bahkan terkadang kalian harus menjual harta benda kita demi pengobatan penyakit tersebut.

Untuk itu diperlukan perlindungan kesehatan kita sejak dini. Karena melalui perlindungan ini, kita juga turut menjaga aset kalian untuk kehidupan masa depan. Dengan demikian, kesehatan dan finansial juga harta benda kalian ikut terlindungi.

Kita dapat melakukan proteksi kesehatan dengan bergabung di Ansuransi Sun Life Finansial. Produk Sun Medical Platinum pilihan paling tepat buat jaminan kesehatan kita.

Ansuransi ini merupakan yaitu asuransi tambahan yang memberikan perlindungan kesehatan secara lengkap hingga usia 88 tahun. Dengan biaya pertanggungan mencapai 7,5 Miliar rupiah. Menariknya ansuransi ini turut menjamin perawatan berbiaya besar seperti ICU, operasi, cuci darah, dan perawatan kanker.

Di samping itu, produk asuransi ini yaitu asuransi kesehatan pertama di Indonesia yang menyediakan perawatan buat efek samping kemoterapi dan terapi pendukung buat pemulihan seperti terapi wicara serta terapi okupasi.

Bagi yang sedang pengobatan di luar negeri, Sun Medical Platinum juga mempunyai jaringan medis internasional dengan layanan 24 jam. Serta didukung oleh fasilitas jaminan asuransi di jaringan rumah sakit rekanan di segala dunia dengan kamar perawatan untuk satu orang demi kenyamanan Anda dan keluarga.

Dengan manfaat tersebut, ayo proteksi kesehatan sejak dini dengan bergabung di Sun Medical Platinum. Melalui proteksi kesehatan sejak dini, kita turut melindungi kesehatan finansial serta aset harta beda kita.

VIDEO PILIHAN

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.kompasiana.com dengan judul Pola Hidup Sehat Sejak Dini, Turut Menjaga Hari Tua.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.