PHBS Pola hidup Bersi dan Sehat

PHBS Pola Hidup Bersi dan Sehat

PHBS merupakan kependekan dari Pola hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yg dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan segala anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya bagi menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan konduite terkait cara hidup yang bersih dan sehat.  

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar dapat meningkatkan kualitas perilaku sehari – hari dengan tujuan hayati bersih dan sehat.

Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada strata rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hayati agar lebih sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani konduite kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling penting adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan pencerahan untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.


Baca Juga : diagnosis Virus Corona (COVID-19)


Beberapa Tatanan PHBS

Tatanan PHBS melibatkan dua elemen yang merupakan bagian dari tempat beraktivitas dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ini 5 tatanan PBHS yang dapat menjadi simpul – simpul buat memulai proses penyadartahuan tentang perilaku hidup bersih sehat :

  • PHBS di Rumah tangga
  • PHBS di Sekolah
  • PHBS di Tempat kerja
  • PHBS di Sarana kesehatan
  • PHBS di Tempat umum

Manfaat PHBS

Manfaat PHBS secara umum
 adalah meningkatkan pencerahan masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

PHBS di sekolah
 merupakan kegiatan memberdayakan siswa,guru dan masyarakat lingkungan sekolah buat mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Manfaat PHBS di Sekolah mampu menciptakan lingkungan yang higienis dan sehat, meningkatkan proses belajarmengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat.

  • Manfaat PHBS Di Rumah Tangga

Menerapkan PHBS di rumah tangga tentu akan menciptakan keluarga sehat dan dapat meminimalisir masalah kesehatan. Manfaat PHBS di Rumah tangga antara lain, setiap anggota keluarga mampu meningkatkan kesejahteraan dan tak mudah terkena penyakit, rumah tangga sehat dapat meningkatkan produktifitas anggota rumah tangga dan manfaat phbs rumah tangga selanjutnya adalah anggota keluarga terbiasa untuk menerapkan pola hayati sehat dan anak dpt tumbuh sehat dan tercukupi gizi

  • Manfaat PHBS Di tempat Kerja

PHBS di Tempat kerja adalah kegiatan buat memberdayakan para pekerja agar tahu dan mau buat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dan berperan dalam menciptakan tempat kerja yg sehat. manfaat PHBS di tempat kerja merupakan para pekerja mampu meningkatkan kesehatannya dan tidak mudah sakit, meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan citra tempat kerja yg positif .

  • Manfaat PHBS di Masyarakat

Manfaat PHBS di masyarakat adalah masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan bisa mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat.

Tatanan PHBS Rumah Tangga

Salah satu tatanan PHBS yang utama adalah PHBS rumah tangga yang bertujuan memberdayakan anggota sebuah rumah tangga buat tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yg bersih dan sehat serta memiliki peran yg aktif pada gerakan di tingkat masyarakat. Tujuan utama dari tatanan PHBS di tingkat rumah tangga adalah tercapainya rumah tangga yg sehat.

Terdapat beberapa indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga yg dapat dijadikan acuan untuk mengenali keberhasilan dari praktek perilaku hidup bersih dan sehat pada tingkatan rumah tangga. Berikut ini 10 indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga :

  1. Persalinan yg ditolong oleh tenaga kesehatan.

    Persalinan yang memperoleh pertolongan dari pihak tenaga kesehatan baik itu dokter, bidan ataupun paramedis memiliki standar dalam penggunaan peralatan yg bersih, steril dan juga aman. Langkah tersebut mampu mencegah infeksi dan bahaya lain yang beresiko bagi keselamatan ibu dan bayi yg dilahirkan.
  2. Pemberian ASI eksklusif

    Kesadaran mengenai pentingnya ASI bagi anak di usia 0 hingga 6 bulan menjadi bagian utama dari indikator keberhasilan praktek perilaku hidup bersih dan sehat pada tingkat rumah tangga.
  3. Menimbang bayi dan balita secara berkala

    Praktek tersebut mampu memudahkan pemantauan pertumbuhan bayi. Penimbangan dapat dikerjakan di Posyandu sejak bayi berusia 1 bulan hingga 5 tahun. Posyandu dapat menjadi tempat memantau pertumbuhan anak dan menyediakan kelengkapan imunisasi. Penimbangan secara teratur juga dapat memudahkan deteksi dini masalah gizi buruk.
  4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih

    Praktek ini merupakan langkah yg berkaitan dengan kebersihan diri sekaligus langkah pencegahan penularan berbagai macam penyakit berkat tangan yang bersih dan bebas dari kuman.
  5. Menggunakan air bersih

    Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi menjalani hidup sehat.
  6. Menggunakan jamban sehat

    Jamban merupakan infrastruktur sanitasi utama yang berkaitan dengan unit pembuangan kotoran dan air bagi keperluan pembersihan.
  7. Memberantas jentik nyamuk

    Nyamuk merupakan vektor berbagai macam penyakit dan memutus siklus hidup makhluk tersebut menjadi bagian utama dalam pencegahan berbagai penyakit.
  8. Konsumsi buah dan sayur

    Buah dan sayur mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta serat yg dibutuhkan tubuh untuk tumbuh optimal dan sehat.
  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari

    Aktivitas fisik mampu berupa kegiatan olahraga ataupun aktivitas bekerja yg melibatkan gerakan dan keluarnya tenaga.
  10. Tidak merokok di dalam rumah

    Perokok aktif dapat menjadi sumber berbagai penyakit dan masalah kesehatan untuk perokok pasif. Berhenti merokok atau setidaknya tak merokok di dalam rumah dapat menghindarkan keluarga dari berbagai masalah kesehatan.

Pentingnya Materi PHBS Di Setiap Tatanan

Selain PHBS dalam tatanan rumah tangga, masih terdapat tatanan lain yang tak kalah penting seperti PHBS di sekolah dan juga PHBS di loka kerja. Keseluruhan dari materi PHBS bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan individu dan masyarakat yang terlibat pada setiap tatanan.

Sekolah yang sehat dengan anggota komunitas taraf sekolah yang berperilaku hidup bersih dan sehat dapat mencegah sekolah menjadi titik penularan atau sumber berbagai penyakit. Demikian pula dengan PHBS di tempat kerja dimana keamanan dan kesehatan menjadi satu yang tidak kalah penting.

Perilaku hidup higienis dan sehat yang berasal dari implementasi materi PHBS dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Menjalankan praktek indikator – indikator PHBS di berbagai tatanan dapat menjadi sebuah gerakan untuk memasyarakatkan konduite hidup bersih dan sehat dimanapun dan juga kapanpun.


Baca Juga : Rapid Test untuk Virus Corona