Opor Ayam Khas Cepu dengan Bango Bumbu Kuliner Nusantara

Opor Ayam Khas Cepu dengan Bango Bumbu Kuliner Nusantara

Custom Text

Opor Ayam Khas Cepu dengan Bango Bumbu kuliner Nusantara





Assalamualaikum!




Susah banget nih move on dari hari-hari berat pasca detox dan diet. Badan lemes dan kayak nggak bersemangat gitu. Meskipun waktu diet saya nggak boleh makan kuliner sendiri, tetap kok rajin masak tiap hari untuk keluarga.




Kali ini saya mau berbagi resep kuliner yang gampang karena pakai bumbu instan. untuk saya sih, pakai bumbu instan itu nggak tabu kok. Malah membantu banget kalau kita lagi males riweuh bikin bumbu. Walaupun saya selalu menggunakan bumbu alami juga. Biar nggak berasa pengawet semua, hahaha.




Sudah lama mau ngereview rangkaian bumbu instan yg diproduksi oleh Bango. Tahunya Bango itu merk kecap manis ternama, kan. Nah, sekarang Bango juga bikin bumbu instan yg rasanya nggak kalah nendang seperti kecapnya.




Btw, ini review pribadi ya. Saya nggak dibayar bagi postingan ini dan melakukannya dengan ikhlas. Lumayan kan, habis masak mampu konten buat ditulis dan dibagi di blog bagi orang lain. Mudah-mudahan bermanfaat.




Okede, mau masak pakai bumbu yang mana  nih? aku pilih bumbu Opor Ayam Khas Cepu. Bikin opor ayam mah aku lumayan sering. Nah, ini opor ayam khas Cepu seperti apa ya? Daripada penasaran, akhirnya saya coba sendiri memasak opor ayam khas Cepu dengan bumbu dari Bango kuliner Nusantara.







Oia dalam resep ini saya memakai panci presto. Lagi males banget nangkring nungguin ayam empuk di wajan. Tapi biasanya saya nggak full ngepresto ayamnya. Jadi masih ada sisa kuah, lalu dimasak lagi di atas wajan untuk menyusutkan kuahnya sampai meresap.




Jika tak menggunakan panci presto, bisa menggunakan wajan biasa. Jangan lupa jumlah air lebih banyak untuk membuat ayam empuk. Jika sekiranya kuah menyusut dan ayam kurang empuk, bisa ditambahkan lagi air panas secukupnya.




Yuk, simak resepnya!  






Bahan Opor Ayam Khas Cepu:

  • 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  • 500 ml santan dari setengah buah kelapa parut
  • 1 bungkus Bango Bumbu masakan Nusantara rasa Opor Ayam Khas Cepu
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh, geprek
  • 4 cm lengkuas, geprek
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1 cm kunyit, geprek
  • minyak goreng bagi menumis
  • air matang secukupnya


Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya


Sayang sekali, saya nggak nemu ayam kampung di tukang sayur. Jadi saya pakai ayam pejantan saja. Ayam pejantan ini mirip ayam kampung dengan badan kecil. Namun tidak perlu merebus lama seperti merebus ayam kampung.







Cara membuat Opor Ayam Khas Cepu:

  1. Tumis minyak goreng di dalam panci presto sampai harum.
  2. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
  3. Aduk ayam sampai tercampur rata dengan bumbu.
  4. Tambahkan air matang sampai ayam terendam (jangan terlalu banyak).
  5. Tutup panci presto. Jika panci mulai mendesis, kecilkan api dan mulai menghitung waktu masak selama 20 menit.
  6. Setelah panci dingin, buka tutupnya dengan hati-hati. Tuang opor ayam ke wajan. Tambahkan santan. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap.
  7. Koreksi rasanya, sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Kebetulan aku lagi punya ketupat di dapur. Jadilah Opor Ayam Khas Cepu ini disajikan bersama ketupat. Gimana nggak mantep tuh… ada opor ayam dan ketupat! Wow, enaaak! Berasa lagi Lebaran nih!


Gimana rasa Bango Bumbu masakan Nusantara rasa Opor Ayam Khas Cepu? Hmm, jadi begini ya opor ayam khas Cepu. Beda dengan opor ayam yang biasa aku buat. Warnanya bukan kuning, tapi cenderung oranye. Walaupun warnanya berberda, tapi rasa nggak pernah bohong. beneran enak!







Penasaran pengen nyobain juga? Cuss atuh beli Bango Bumbu masakan Nusantara rasa Opor Ayam Cepu di minimarket terdekat. Harga Insha Allah terjangkau pisan.

Terima kasih telah membaca postingan ini. 
Nantikan review Bango Bumbu masakan Nusantara varian lainnya di blog Dapur Ngebut, ya!

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.dapurngebut.com dengan judul Opor Ayam Khas Cepu dengan Bango Bumbu Kuliner Nusantara .
Silahkan disimpan jika bermanfaat.