previewlink.gif

Custom Text

Halaman 1

Pada zaman sekarang banyak orang yg tidak memperdulikan kesehatan tubuhnya. Misalnya mereka yg usianya masih terbilang muda, yang masih besar tenaganya  dan beranggapan bahwa tubuhnya masih kuat dan tak bisa sakit. Padahal kita semua tau bahwa penyakit dapat menyerang siapa saja, baik yang tua maaupun yang masih muda. Orang yang paling tidak memperhatikan kesehatannya ialah orang yang terlalu sibuk dengan urusannya, jangankan untuk melakukan gaya hidup sehat bahkan waktu untuk makan saja sering kali lupa.

Maka dari itu dalam kehidupan yang namanya kesehatan harus selalu diperhatikan, banyak orang yang berkata bahwa kesehatan itu mahal. Untuk menjaga kesehatan diperlukan pola hidup yang sehat juga. Pola hidup sehat tersebut harus diterapkan akan dari diri sendiri hingga pada lingkungan loka tinggal. 

Pola hidup sehat adalah gaya hayati seseorang yang memperhatikan segala kondisi kesehatan. akan dari segi makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan konduite kita sehari-hari. Selain itu, pola hidup sehat adalah suatu usaha seseorang untuk menjaga kesehatan baik itu jasmani maupun rohani. Maksud dari dikatakannya kesehatan jasmani dan rohani itu ialah kesehatan baik dari segi fisik maupun mental.

Pola hidup sehat juga memiliki manfaat bagi kehidupan kami, untuk menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh agar tidak mudah sakit. Adapun manfaat lain dari pola hidup sehat. Berikut beberapa manfaat pola hidup sehat dalam kehidupan kami dan penjelasannya;

 1.Menjaga Stamina

Salah satu manfaat pola hidup sehat ialah stamina tubuh yg dapat tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan bergizi dengan pola makan yg baik terbukti dapat meningkatkan stamina seseorang. Selain itu, latihan atau olahraga secara rutin juga dapat membuat seseorang menjadi tidak mudah lelah saat menjalani poly aktivitas dalam kesehariannya. Semakin jarang berolahraga seseorang dapat menjadi lebih gampang lelah.

 2.Menjaga Berat Tubuh Tetap Ideal

Menjaga berat tubuh ideal tak hanya  penting untuk penampilan saja, tapi juga penting untuk kesehatan. Seseorang yang berat tubuh ideal biasanya tak mudah terserang penyakit. Selain tidak mengalami kelebihan berat badan, seseorang juga tidak seharusnya kekurangan berat badan. Karena kekurangan berat badan juga membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

3.Dapat Menghindari Dari Berbagai Penyakit

Konsumsi makanan yang tepat akan membuat metabolisme dalam tubuh dapat berjalan lebih maksimal. Tubuh akan menerima asupan gizi secara merata, sehingga masing-masing dapat bekerja dengan baik. Alhasil tubuh lebih sehat dan tak gampang mengalami berbagai serangan penyakit yang berbahaya.

4.Panjang Umur                                       

VIDEO PILIHAN

§

Panjang umur juga merupakan manfaat pola hidup sehat yg tidak boleh dilewatkan. Gaya hidup sehat dpat menghindari kalian dari berbagai penyakit berbahaya yang berpotensi menjadi penyebab kematian. Jika hal itu diimbangi dengan kebiasaan makan yg sehat dan istirahat yang cukup, proses regenerasi dan metabolisme sel menjadi lebih optimal. Tubuh pun lebih sehat dan tak mudah jatuh sakit.

  • Cara Menerapkan Pola hidup Sehat

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dan dijalani buat mencapai pola hidup sehat, diantaranya adalah makan secara sehat dan seimbang, olahraga secara teratur, berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan, dan  minum air putih yang cukup. Yuk simak penjelasannya sebagai berikut;

1.Makan secara sehat dan seimbang

Dengan mengonsumsi makanan dengan asupan gizi yang baik, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dapat membuat sumber energi buat tubuh, untuk menjaga fungsin enzim, sel-sel, dan senyawa dalam tubuh agar bisa bermetabolisme dengan optimal. Dan tidak lupa buat mengonsumsi serat agar dapat membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan dan zat-zat yang berbahaya dari dalam tubuh. Dan disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran.

2.Olahraga secara teratur

Selain dengan makan makanan yang bergizi, cara pola hidup sehat harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. Olahraga dengan cara yang baik dan sahih dan diwaktu yang tepat dapat mebuat peredaran darah menjadi lancer, menguatkan otot dan tulang. Untuk menjalankan cara pola hayati sehat mulailah dari aktivitas sehari-hari. Seperti sedang pekerjaan rumah mulai dari menyapu, mengepel, dan mencuci piring, atau dengan aktivitas-aktivitas lainnya yang dapat menggerakkan tubuh.

3.Berhenti melakukan kebiasaan buruk yg dapat membahayakan bagi kesehatan

Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minum minuman yang mengandung alkohol, dan begadang tiap malam mampu membahayakan kesehatan terutama jika anda menderita penyakit diabetes, depresi atau penyakit jantung dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu untuk mengindari hal-hal yg tidak kita inginkan mulailah dengan mengurangi kebiasaan buruk tersebut, dan jauhkan apabila ingin menjalani pola hidup sehat yg baik.

4.Minum air putih yang cukup

Meminum air putih adalah salah sesuatu cara paling mudah dalam melakukan pola hidup sehat. Karena dengan meminum air putih dapat membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Manusia disarankan untuk minum air putih sebanyak 6-8 gelas/hari. Bila tubuh kekurangan cairan, maka tubuh mulai mengalami dehidrasi serta proses pembuangan racun dan logam berat tubuh tidak lancar. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tentunya tubuh mulai terasa lebih bugar untuk beraktivitas sehari-hari.

5.Istirahat yg cukup

VIDEO PILIHAN

§

Dengan istirahat yg cukup juga dapat membantu memperbaiki sel otot-otot yg rusak dan mengisi kembali energi setelah seharian beraktivitas. Karena istirahat yang cukup merupakan kunci bagi memperoleh tubuh serta pikiran yang sehat. Pastikan seandainya jam tidur terpenuhi serta biasakan untuk tidur dan bangun diwaktu yg sama.

VIDEO PILIHAN

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.kompasiana.com dengan judul Menerapkan Pola Hidup Sehat dalam Kehidupan.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.