Lawuh Ndeso: Di Sini Bisa Menebus Kangen Masakan Jawa Rumahan

Lawuh Ndeso: Di Sini Bisa Menebus Kangen Masakan Jawa Rumahan

Custom Text

Di Sini Bisa Menebus Kangen Masakan Jawa Rumahan

Salatiga

Ada puluhan masakan Jawa rumahan di rumah makan ini. Disajikan prasmanan dengan harga terjangkau. Bikin kenyang dan hatipun senang.

Udara dingin kota Salatiga selalu saja bikin lapar. Selain bakso yang enak dan murah dengan porsi royal, juga ada masakan rumahan yang sedap. Seperti yang disajikan rumah makan Lawuh Ndeso.

Kali ini kami menyambangi cabangnya di Jl. Pattimura karena yang di Langenrejo sedang libur atau tutup. Begitu masuk kami disambut dengan deretan baskom enamel blirik berisi aneka masakan Jawa. Sebelum pilih lauk bisa ambil nasi di sisi kanan. Nasinya juga beragam, nasi merah, nasi kongbap dan nasi putih. Bisa diambil sepiring atau setengah piring.

Setelah itu jangan lupa mengambil piring kaleng kecil untuk tempat lauk. Ini karena godaan lauk yang berjajar sangatlah kuat. Dari sayur lodeh, sayur asem, oseng daun pepaya, buntil, mangut, gudeg hingga sambal tumpang. Lauk kering seperti perkedel, tempe dan tahu bacem, ayam goreng , sate keong, bakwan dan beragam pepesan.

Lauk-pauk prasmanan itu sudah dikelompokkan dalam kategori seperti gorengan, sayur berkuah, pepesan, sate, dan lain-lain. Deretan puluhan lauk ini bikin lapar mata. Tak terlalu mengherankan karena rumah makan dikelola oleh pemilik usaha katering Sinar Mulya Abadi.

Kami mengambil nasi merah setengah porsi dan ditambah lauk ayam goreng kremes, tempe goreng, oseng daun pepaya plus kerupuk. Sup Matahari yang jadi andalan di sini yang paling beda. Karena bukan menu ndeso. Sayangnya sedang habis belum diisi ulang.

Sup ini berupa potongan tahu, wortel dan sayuran lain yang dibungkus telur dadar lalu disiram kaldu hangat. Menu ini biasanya jadi menu pesta kawinan atau kondangan. Pilihan sup lainnya ada sup jagung dan sup rambutan, bola-bola daging dengan isian suun.

Setelah mengambil nasi, lauk dan sambal plus pesan minuman, nama dan harga makanan dicatat oleh kasir. Tidak langsung bayar tetapi setelah selesai makan tinggal sebutkan nama saja, kasir akan mencetak struk.

Nasi merahnya pulen dan oseng daun pepaya gurih sedikit pedas. Daun pepaya tidak pahit hanya saja masih ada selingan daun pepaya yang liat karena daun tua. Kering tempenya garing renyah, tidak terlalu manis dan ukurannya agak lebar tipis.

Ayam goreng kremes

ini sejak awal menggoda karena diselimuti adonan yang bentuknya mirip ‘sarang’. Kalau suka ikan juga ada ikan dengan ‘sarang’ adonan. Adonan tepungnya renyah garing dan ayamnya tak terlalu asin. Pas dicocol dengan sambal yang pedas nyengat.

Tempe bacem

nya berukuran besar, manis gurihnya meresap hingga ke dalam. Mantap! Sementara sate usus ayamnya juga gurih empuk dan bumbunya meresap. Dicocol dengan sambalnya rasanya gurih pedas enak.

Suasana rumah makan ini memang seperti rumah Jawa. Meja kursi kayu untuk bersantap dan dindingnya dihiasi lampu gantung Jawa, dan beberapa pernak-pernik khas Jawa. Tetapi yang lebih meyenangkan adalah harganya yang terjangkau.

Untuk ayam kremes, sayap kremes (Rp 1.500), paha kremes (Rp 5.000), oseng daun pepaya ( Rp 7.000), tempe bacem ( Rp 2.000), kering tempe (Rp 3.000) dan nasi merah (Rp 1.500). Dengan uang Rp 75.000 bisa makan kenyang bertiga. Murah kan?

Rumah Makan Lawuh Ndeso

Jl. Pattimura 7-8

Jl. Langenrejo No.6, Gendongan,

Salatiga

Jam buka : 07.30 – 16.00

Telpon :0851-04980802

Simak Video “Resep Mudah Bikin Sundubu Jigae

[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)


Artikel ini telah ditampilkan oleh food.detik.com dengan judul Lawuh Ndeso: Di Sini Bisa Menebus Kangen Masakan Jawa Rumahan.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.