Kambing Guling Kahade 69 Pekalongan

Custom Text

Javanese restaurant in Pekalongan

Lagi viral fungi enoki….

Jamur Enoki atau nama lainnya Enokitake cukup populer menjadi menu makanan sebagian masyarakat global. Di Indonesia, sering ditemui dalam bentuk kuliner alasuki yang trend menyesuaikan seperti masakan Jepang atau Korea.

Dikutip jabar.suara.com 24 Juni 2020, dikabarkan Kementerian Pertanian telah memusnahkan jamur enoki yg dipasok untuk kebutuhan dalam negeri. Pemusnahan jamur enoki lewat Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan karena wadah Listeria yg terjadi di beberapa negara.

Beberapa laporan disebutkan. Australia, Amerika, Kanada dan lain menyelidiki dugaan penyebaran infeksi Listeria monocytogenes bersumber dari fungi enoki.

Dalam keterangannya di media berita, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Yasid Taufik, MM memberi konfirmasi pemusnahan fungi enoki yang ada di dalam negeri.

“Kemarin 2 hari yang dulu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena dua negara di Australia, Amerika, dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung Listeria,” ujar Yasid.

Melansir CDC (Center for Disease Control) Amerika, menyebutkan jamur enoki terkiat 4 kematian dan 31 pasien yang dirawat pusat kesehatan setempat.

informasi lanjut disampaikan CDC soal kemungkinan wabah Listeria multistat yang terjadi sudah berakhir karena pasokan dua suplier yang diduga tak sesuai standar kesehatan sudah dihentikan.

Investigasi CDC menyebutkan jamur enoki berasal dari H&C Inc, Guan’s Mushroom Co, dan Sun Hong Foods, Inc berasal dari impor Korea Green Co Ltd sejak 23 November 2016 hingga 13 Desember 2019.

investigasi Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea dikabarnya mendapat hal yang sama dalam fungi enoki berasal dari 2 perusahaan tersebut, berupa temuan listeria monocytogenes pada fungi enoki..

§

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.facebook.com dengan judul Kambing Guling Kahade 69 Pekalongan.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.