Hidup Sehat di Era New Normal? Siapa Takut!

Hidup Sehat di Era New Normal? Siapa Takut!

Custom Text

Halaman all

Di tengah pandemi corona hal yang wajib kita lakukan adalah tetap menjaga kesehatan. Seperti yang sudah diketahui bersama, saat ini kami sedang memasuki era new normal.

Menurut Ketua Tim pakar Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, new normal adalah perubahan perilaku bagi menjalankan aktivitas normal, tapi ditambah dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

Di era new normal ini, bukan berarti kita terbebas dari virus covid-19. Kita dianjurkan untuk berdamai dan hidup berdampingan dengan pandemi ini tapi dengan tetap berupaya untuk menghindari diri dari penularannya. 

Bagaimana sih caranya agar tetap sehat di era new normal ini? Berikut ulasan nya, yuk disimak yuk … 

Pertama, Siap Sedia S


tarter Kit



Dikutip dari laman instagram milik Kemenkes RI, kamu disarankan untuk menyiapkan starter kit. Starter kit ini terdiri dari peralatan makan pribadi seperti sendok, garpu, botol minum dan wadah makan yang praktis (kalau makanannya dimasak sendiri jauh lebih baik lho ya). 

Ada baiknya kamu juga membawa peralatan ibadah pribadi seperi mukena dan sajadah, dan jangan lupa untuk rutin mencuci peralatan ibadahmu setelah digunakan. 

Tak kalah penting, bawalah cadangan masker kain karena kamu harus mengganti masker kainmu tiap 4 jam sekali, dan bawalah wadah untuk menyimpan masker kain yang sudah kamu gunakan secara terpisah. 

Selain itu, bawalah keperluan personal hygine yang sinkron dengan kebutuhanmu seperti handsanitizer dan tissu basah/ kering dengan ukuran yang praktis. 

Susunlah peralatan-peralatan tersebut dengan rapih sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Untuk kamu yang sering memakai jasa ojek online, disarankan untuk membawa helm pribadi agar kamu merasa kondusif dan bersih.

Kedua, Patuhilah Protokol Kesehatan

Pemerintah sudah mensosialisasikan protokol kesehatan di era new normal. Di antaranya ialah tetap menerapkan physical distancing dan mengurangi kontak fisik serta hindari kerumunan sebisa mungkin. 

Gunakan masker dengan cara yang sahih kemanapun kamu pergi. Sering-seringlah cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan cara yg baik dan benar atau jika tidak memungkinkan mampu menggunakan handsanitizer (kalau masih bingung coba deh lihat peragaan cara cuci tangan yg baik dan benar di youtube) terutama sebelum makan dan minum. 

Kamu juga tidak dibenarkan menyentuh area wajahmu seperti mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan. bagi meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan bagi menerapkan pola hidup yang sehat seperti makan makanan yg bergizi seimbang, tak perlu mahal yang utama gizinya mencukupi. 

Selain itu tetaplah berolahraga secara rutin serta istirahat dan tidur yg cukup. Juga bisa ditambah dengan multivitamin bagi meningkatkan daya tahan tubuh. Dan yang tak kalah utama, hindarilah stress yang berlebih serta tetap berdoa dan berfikir positif. Yakinkan kepada diri kita bahwa kita mampu bersama-sama melalui musibah ini. 

Hal lain yg perlu diperhatikan adalah kurangi frekuensi keluar rumah. Hindari berpergian jika tidak terlalu penting. Apabila harus bepergian ke pusat perbelanjaan, sebaiknya kamu terlebih dahulu mencatat semua kebutuhan pokok yg akan dibeli sehingga dapat menghemat waktu (jangan sampai ada yg kelupaan ya supaya ga bolak-balik lagi), dan ingat jangan panik atau membeli belanjaan secara belebihan. 

Apabila kamu pergi belanja berdua, kamu bisa berbagi tugas. Misalnya si A mulai mencari kebutuhan pokok sedangkan si B mulai mencari kebutuhan tambahan lainnya sehingga tidak memerlukan waktu lama buat mencari barang belanjaan yang akan di beli. Akan lebih baik jika kamu menggunakan uang elektronik buat setiap transaksi. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada. 

Hidup di era new normal juga berarti kalian harus ikut menyelamatkan keluarga dan orang-orang terdekat kalian dari ancaman virus covid-19 dengan cara mengajak mereka buat mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang ada secara disiplin. 

Mengubah norma lama menjadi kebiasaan baru bukanlah hal yang gampang, akan tetapi kita perlu bergotong royong untuk memerangi pandemi ini. Menyerah bukanlah sebuah pilihan. 

Tetap produktif namun terhindar dari penyebaran virus covid-19 harus kita lakukan. Semangat hidup di Era new normal! Semoga Pandemi ini langsung berlalu.

Salam sehat. 

VIDEO PILIHAN

Artikel ini telah ditampilkan oleh www.kompasiana.com dengan judul Hidup Sehat di Era New Normal? Siapa Takut!.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.