Cara Pola Hidup Sehat untuk Remaja

Cara Pola Hidup Sehat untuk Remaja

Custom Text

REMAJA bukan anak dan belum dewasa, ia memiliki ciri khas dan kebutuhan yg unik dan masih labil. Sebuah masa yg identik dengan aneka perubahan secara fisik, psikis, maupun sosial. 

Remaja memiliki rasa keingintahuan yg besar dan cenderung ingin mengeksplorasi dunia. Seringkali hasrat untuk menjelajahi seluruh hal tidak dibarengi dengan pertimbangan yang matang, hingga terkadang tindakan-tindakannya berisiko tinggi baik untuk diri sendiri, orang lain, dan lingkungan di sekitarnya. Apabila tidak diberi perhatian dan dibiarkan tanpa supervisi, perbuatan berisiko ini dapat memunculkan berbagai masalah.

Mulai dari hal remaja sporadis untuk menjaga pola hidup sehat dirinya sendiri. Ditengah banyaknya tugas dan kegiatan yang ada, poly remaja lupa akan menjaga fisiknya dan kesehatannya. Contohnya, makan dengan makanan yang instan, olahraga tak teratur, dan tidur dilarut malam. Membuat remaja kurang berenergi, kurang fokus dalam belajar dan menurunkan kemampuan otak.
Ada banyak hal yg bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Berikut ini gaya hidup sehat bagi remaja :
1. Makanan
Perbanyak makan-makanan sehat seperti sayur, buah, daging, dan kacang-kacangan. Hindari makan yang instan, kurangi mengkonsumsi snack, utamakan makan 4 sehat 5 sempurna. Kurangi makan berlebihan ketika telah terasa kenyang, karena makan berlebihan itu tidak baik.

2. Minuman
Hindari minuman yang banyak mengandung gula, perasa buatan, dan pewarna buatan. Zat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mampu tertimbun dalam ginjal. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari.

3. Olahraga
Remaja boleh aktif beraktivitas, tapi jangan lupa rajin berolahraga secara teratur, supaya badan tetap sehat dan stabil. Lakukan olahraga paling tidak 3 kali dalam sesuatu minggu.

4. Istirahat Cukup
Jangan lupa untuk beristirahat. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kemampuan otak. Tidur minimal 8 atau 6 jam perhari diwaktu yg tepat mulai dari jam 9 malam sampai jam 4 pagi.

5. Menghindari Pikiran Stress
Pikiran stress memang seringkali menyerang tiap orang. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan baik secara pikiran (mental) maupun secara fisik. Jika kita sedang memiliki masalah, sebaiknya dipikirkan secara santai dan jadikan itu sebagai beban dalam diri kita.

VIDEO PILIHAN

Artikel ini telah ditampilkan oleh www.kompasiana.com dengan judul Cara Pola Hidup Sehat untuk Remaja.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.