Cara Hidup Sehat, Layak Diterapkan Masyarakat Modern – Artikel SpaceStock

Cara Hidup Sehat, Layak Diterapkan Masyarakat Modern – Artikel SpaceStock

Custom Text

Cara hayati Sehat, Layak Diterapkan Masyarakat Modern

Bagi setiap orang, kesehatan merupakan harta terbesar setiap manusia. Betapa kaya atau glamornya kehidupan seseorang, tidak akan bisa dinikmati sepenuhnya apabila diserang penyakit atau kesehatannya terganggu. Maka itu, di era modern seperti sekarang, gaya hidup sehat sangat layak diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Terlebih lagi, umumnya masyarakat modern sering bergelut dengan kesibukan dan aktivitas padat. Telat makan, kurang tidur, hingga jarang berolahraga kadang menjadi pemicu datangnya penyakit. Lalu, bagaimana masyarakat modern mampu menerapkan cara hidup sehat yang mudah dan praktis? Ternyata cara hidup sehat itu tidak sulit kok! Mulailah dengan kebiasaan – kebiasaan baik berikut yaa…

1. Minum Air Putih 8 – 10 Gelas

Minum Air Putih
Image: Yahoo

Jarang disadari terkadang bibir kering dan pecah-pecah, kurang konsentrasi, hingga sakit kepala, merupakan beberapa gejala umum kekurangan minum air putih. Setiap orang direkomendasikan untuk minum air putih sebanyak 2 – 3 liter per harinya atau minimal 8 gelas per hari.

Gejala yang lain yang bisa dilihat jika kekurangan minum air putih adalah intensitas warna urine yg berubah kuning atau keruh. Terkadang, beberapa orang juga mengalami kesulitan BAB atau konstipasi.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, segera minum air putih setidaknya 1 gelas per jam buat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga daya tahan fisik agar bersiap melawan infeksi penyakit.

2. Beristirahat 8 Jam

Tidur 8 Jam
Image: The Rise & Shine

Masih poly orang yang mengabaikan betapa pentingnya memiliki jam istirahat yang cukup. Para dokter dan ahli medis merekomendasikan jam tidur normal adalah 7 – 8 jam setiap malam.

Dengan jam istirahat yang cukup, otak akan berfungsi maksimal dan tubuh dapat meregenerasi sel – sel yang rusak. Tubuh manusia tidak bisa dipaksa untuk selalu bekerja atau beraktivitas lebih dari 8 jam.

Apabila seseorang mengabaikan jam istirahat selama 8 jam setiap malam, efeknya bisa beragam. Mulai dari insomnia, stres, sakit kepala, kelelahan, hingga stroke ringan.

3. Yoga

Yoga di Rumah
Image: Three Jewels Retreats

Melakukan yoga saat ini sudah menjadi tren yang lumrah di kalangan masyarakat modern, terutama di perkotaan besar. Banyak kelas yoga atau loka yoga yang didirikan untuk memenuhi permintaan peserta yang semakin bertambah setiap tahun.

Yoga dikenal luas sebagai salah satu jenis olahraga yang cocok untuk menyeimbangkan kebugaran fisik sekaligus pikiran. Seperti yang diketahui, masyarakat modern dengan aktivitas padat sangat rentan terkena agresi stres. Untuk itu, yoga bisa menjadi media alternatif cara hayati sehat yang dapat dipilih.

4. Olahraga Ringan Secara Rutin

Olahraga Lari
Image: iStyle

Tak perlu dipertanyakan lagi tentang manfaat berolahraga rutin buat kesehatan tubuh manusia. Olahraga merupakan cara hayati sehat yang paling prioritas dan disarankan ahli medis.

Olahraga baik buat melatih kesehatan jantung, kepadatan tulang, menjaga berat badan ideal, dan tentunya menghalau stres. Yang penting buat diingat adalah olahraga harus dilakukan secara teratur atau rutin.

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan kaki santai atau jogging pagi secara teratur sudah lebih dari cukup untuk menjadi cara hayati sehat yang gampang dan gratis.

5. Ikut Kelas Olahraga Sambil Bersenang-senang

Olahraga Zumba
Image” aclib.us

Jika kamu lebih suka dengan olahraga yg berat, cara hidup sehat yang terbaik adalah ikut kelas olahraga. Namun semua akan sia-sia apabila kamu tidak merasa enjoy atau melakukan olahraga karena terpaksa.

Sebaliknya, jadikan olahraga sebagai cara hidup sehat yg menyenangkan. Bila kamu menjadikan olahraga sebagai hal yg memaksa, kamu cenderung akan malas dan tidak mudah terbiasa.

Misalnya, kamu bisa memilih kelas olahraga yang kamu sukai. Entah itu zumba, belly dance, pound fitness, dan sebagainya.

Selain itu, agar olahraga terasa lebih bersemangat dan kamu jadi makin rajin, ikuti kelas olahraga bareng teman – teman yang menyenangkan. Dengan begitu, kamu akan lebih teratur berolahraga dan dapat saling memotivasi dengan teman yang lain.

6. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan Buah Buahan
Image: Parents For Health

Memperbanyak porsi sayuran dan buah – buahan di dalam piringmu mulai memberikan efek positif sebagai cara hidup sehat yg mudah.

Bila mungkin, atur agar dalam setiap porsinya ada beberapa macam buah – buahan dengan warna berbeda, seperti kuning (jeruk), merah (strawberry), ungu (buah naga), dll.

Buah – buahan dan sayuran memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin, mineral, karbohidrat kompleks, dan gula alami. Semua ini adalah nutrisi yang kamu butuhkan agar dapat menjaga kebugaran fisik dan mental.

Disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 5 porsi buah – buahan dan sayuran per hari. Bila kamu tidak suka memakan langsung, dapat dibuat jus, smoothies, campuran cake atau kue, dan sebagainya.

7. Pilih Buah Tinggi Anti-Oksidan

Buah Anti Oksidan
Image: Sulsesekspres.com

Untuk mengidentifikasi buah-buahan yang tinggi anti-oksidan dapat dilihat dari kecerahan warnanya. Sekadar info tambahan, anti-oksidan merupakan sifat penting molekul di dalam tubuh yang dapat menangkal agresi berbagai penyakit dan radikal bebas. Oksidasi yang terjadi bahkan dapat merusak sel – sel tubuh hingga memicu sel kanker.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah – buahan anti-oksidan secara teratur, tubuh akan lebih mudah memperbaiki kerusakan sel dan menjaga kesehatan tubuh.

Buah yang tinggi anti-oksidan umumnya juga tinggi vitamin C. Di antaranya seperti blackberry, strawberry, raspberry, blueberry, semangka, dan lain – lain.

8. Batasi Junk Food

Junk Food
Image: The Times

Makanan junk food yaitu salah satu jenis makanan yang harus dibatasi atau bahkan dihindari karena tak memenuhi angka kecukupan nutrisi.

Makanan junk food umumnya dibuat dari tepung, minyak, gula yang kadarnya cukup tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh mendapatkan asupan kalori berlebihan.

Ditambah lagi, jika kamu memesan junk food di restoran cepat saji, kamu akan sulit mengatur nilai gizi yg dianjurkan. Tak heran jika berat badan mulai lebih cepat naik bahkan jika terlalu kadang berisiko obesitas.

9. Hindari Stres

Stress Pikiran
Image: topsukses.id

Stres mampu menjadi pemicu datangnya berbagai penyakit. Mulai dari alergi musiman, insomnia, penyakit kulit, dan sebagainya. Untuk itu, sebisa mungkin jauhi stress terutama beban pikiran dari pekerjaan kantor dan mulai kelola rutinitas kehidupan kamu yg lebih sehat.

Jauhi memikirkan hal negatif dan lebih banyak tersenyum. Anggap saja setiap hal yang terjadi dalam kehidupanmu merupakan pelajaran berharga yg perlu disyukuri. Dengan lebih banyak bersyukur, kamu mulai merasa lebih bahagia setiap waktu dan menghindari stres.

10. Hidup Aktif dan Banyak Bergerak

Hidup Sehat Jalan Kaki
Image: Honest Docs

Cara hidup sehat lainnya yg bisa kamu coba adalah lebih aktif dan banyak bergerak. Misalnya, jika ingin mengunjungi tempat yang dekat dari rumah, pilih jalan kaki ketimbang naik kendaraan.

Kemudian, alih – alih naik lift, cobalah lebih aktif dengan menaiki tangga. Bangunlah lebih pagi dan jalan kaki secara rutin agar tubuhmu lebih bugar karena mengeluarkan keringat.

***

Cara hidup Sehat Masyarakat Modern

Saat menjalani cara hidup sehat yg terbaik adalah menerapkannya sebagai gaya hidup. Sehingga kamu mampu lebih mudah menjalaninya dan melakukannya dengan lebih enjoy tanpa terpaksa.

Selamat menikmati cara hidup sehat masyarakat modern.

Artikel ini telah diterbitkan oleh blog.spacestock.com dengan judul Cara Hidup Sehat, Layak Diterapkan Masyarakat Modern – Artikel SpaceStock.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.