Custom Text

Tetap Fit di Bulan puasa, Lakukan Gaya Hidup Sehat Ini

Halodoc,
Jakarta – Tidak lama lagi, bulan Ramadan kembali hadir menyambut. Sudah pasti, umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah

puasa

selama sesuatu bulan penuh. Sebenarnya, puasa menjadi proses alami detoksifikasi tubuh, karena tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. 

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa detoksifikasi ketika puasa tidak akan maksimal tanpa diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat. Inilah mengapa, asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka sangat utama, termasuk apa saja kebiasaan yang dilakukan selama tidak makan. Jadi, tubuh tetap sehat dan fit setiap harinya. 


Gaya hidup Sehat agar Tetap Fit di Bulan Puasa

Puasa tidak seharusnya menjadi hambatan buat kamu tetap membiasakan hidup sehat. Tidak adanya asupan makanan dan minuman bisa membuat tubuh mudah lelah dan lesu. Namun, supaya tetap fit, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat berikut ini:

Tubuh sebagian besar terdiri dari air. Jadi, pastikan kebutuhan cairan kamu terpenuhi ketika sahur dan berbuka. Menurut

Harvard Health Publishing

, air mineral masih menjadi minuman terbaik dan paling sehat buat tubuh, karena merupakan pembersih alami untuk organ dan sistem pencernaan. Tetap terhidrasi pun penting untuk otak serta bisa mengeluarkan racun melalui kulit dan urine. 

Baca juga:

Bakar Lemak Perut ketika Puasa, Bisa!

  • Kurangi Asupan Makanan Manis dan Berminyak

Memang, kamu dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Namun, hal ini hanya untuk menormalkan kadar gula darahmu, yang berarti kamu tidak dianjurkan untuk makan

makanan manis

dengan berlebihan. 

Begitu pula dengan makanan berminyak, yang memang terasa sangat menggoda ketika waktu berbuka datang. Kalau kamu tidak mampu mengontrolnya, sudah pasti dua macam makanan ini akan membuat kadar kolesterol meningkat, begitu pula dengan berat badanmu. 

Baca juga:

Lagi Diet, Coba 3 Makanan Rendah Kalori Ini ketika Berbuka

  • Konsumsi Menu Sahur yg Tepat

Menu sahur yg kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap energi tubuh kamu selama tidak makan nantinya. Sebaiknya, buat menu sahur yang mudah dicerna, tetapi tidak terlalu berat untuk tubuhmu, yg nantinya justru membuat kamu lebih cepat merasa belum makan di tengah hari. Jangan lupa, konsumsi buah-buahan agar kamu mendapatkan asupan energi yang pas. 

Stres

dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari gangguan jantung hingga masalah pencernaan, seperti dikutip dari laman

The Body Coach

. Artinya, kamu harus pandai mengelola stres agar tak mengganggu kelancaran puasa selama bulan Ramadan. Lakukan meditasi, yoga, atau hobi yang memang bisa membantumu mengurangi stres. 

Kalau kamu membutuhkan saran dari ahli tentang bagaimana mengendalikan stres ini, kamu dapat


download

dan pakai aplikasi

Halodoc

. Kapan saja,


chat

dengan dokter

sekarang telah begitu mudah, tidak perlu lagi menunggu. Bahkan, kamu pun bisa berobat ke

rumah sakit

lebih mudah dengan pelaksanaan
Halodoc
.

Baca juga:

Benarkah Buka tidak makan dengan yang Manis Timbulkan Kantuk?

Jangan lupa, meski sedang berpuasa, tidak ada salahnya bagi tetap berolahraga. Jalan kaki saja, setidaknya 30 menit setelah sahur atau sebelum berbuka. Latihan kardiovaskular membantu menguatkan jantung dan paru-paru, mengurangi cedera, dan meningkatkan fleksibilitas. 

Nah, itu tadi beberapa cara mudah yang mampu kamu coba agar tetap fit dan sehat selama tidak makan. Jangan lupa, konsumsi vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, ya!


Referensi:



Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Water and Health: Follow Your Thirst.




Livestrong. Diakses pada 2020. 10 Ways to Stay Fit & Healthy.




The Body Coach. Diakses pada 2020. How I Stay Fit and Healthy During Ramadan.


Artikel ini telah ditampilkan oleh www.halodoc.com dengan judul .
Silahkan berbagi jika bermanfaat.