bannerwebsitecta01-1.png

Custom Text

Begini Cara Ajari Anak Pola hayati Sehat Sejak Dini

Halodoc
, Jakarta – Dengan mengajari anak

pola hayati sehat

, ibu dapat membantu anak mempertahankan berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang normal. Kebiasaan makan sehat perlu diajarkan sejak dini. Dengan begitu, ia akan selalu ingat dan akan mempertahankan gaya hayati sehat ini hingga mereka dewasa.

Beberapa aspek terpenting dari makan sehat adalah kontrol porsi dan mengurangi berapa banyak lemak dan gula yg dikonsumsi. Cara sederhana untuk mengurangi asupan lemak dalam makanan anak dan meningkatkan berat badan yg sehat termasuk mengontrol produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, makan daging unggas tanpa kulit, potongan daging tanpa lemak, roti gandum dan sereal, dan cemilan sehat seperti buah dan sayuran. Jangan lupa juga untuk selalu mengajak anak berolahraga. 

Baca juga:

4 Cara Membiasakan Gaya hidup Sehat pada Anak

Cara yg dapat dilakukan orangtua untuk menumbuhkan kebiasaan pola hidup sehat pada anak-anak termasuk:

1. Buat Pilihan Makanan untuk Keluarga

Sediakan berbagai macam makanan sehat di rumah. Latihan ini akan membantu anak belajar bagaimana membuat pilihan makanan sehat. Tinggal pilihan yang tidak sehat seperti keripik, soda, dan jus kemasan. 

2. Ajarkan untuk Makan Perlahan

Dorong anak-anak bagi makan secara perlahan. Seorang anak dapat mendeteksi rasa belum makan dan kenyang lebih baik ketika mereka makan dengan lambat. Sebelum menawarkan porsi kedua, minta anak bagi menunggu setidaknya 15 menit untuk melihat apakah mereka benar-benar masih belum makan atau tidak. 

3. Pantau Aktivitas Anak

Seharusnya anak-anak tidak menonton selama lebih dari 2 jam waktu per hari. Termasuk menonton televisi, komputer, tablet, dan

game

. Orangtua juga perlu menetapkan batas waktu bagi memainkan

smartphone

Ajaklah bagi beraktivitas fisik dan jadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas keluarga. Misalnya dengan berjalan-jalan, bermain sepeda, atau kegiatan yg melibatkan fisik lainnya. 

Dorong juga anak bagi mencoba kegiatan kelompok, seperti olahraga tim atau seni bela diri. Ini dapat membantu pertumbuhan dan mengajarkannya mengenai

self


respect

.

Baca juga:

Begini Pola hidup Sehat agar Anak Cerdas

4. Ajari Kebiasaan Kebersihan Mulut

Kegiatan ini termasuk menyikat gigi dua kali sehari dan

flossing

sekali sehari. Ajak juga Si Kecil untuk mengunjungi dokter gigi dan melakukan pembersihan rutin setiap enam bulan. 

Cobalah juga untuk makan cuma di area yang ditentukan di rumah, misalnya makan di ruang makan atau dapur. Makan di depan TV mungkin akan membuat orangtua sulit memperhatikan anak kenyang dan dapat menyebabkan Si Kecil makan berlebihan. 

5. Ajari Anak untuk Minum Banyak Air

Terlalu poly mengonsumsi minuman manis dan soda dikaitkan dengan meningkatkan angka obesitas pada anak. Karenanya, sebaiknya ajarkan Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan minum air putih.

6. Tidak Menggunakan Makanan Sebagai Hukuman atau Hadiah

Menahan makanan sebagai hukuman bisa membuat anak kelaparan dan tidak cukup kenyang. Akibatnya, anak dapat mencoba makan apa saja yg mereka bisa makan. Selain itu, hindari pemberian makanan manis, permen, atau cokelat digunakan sebagai hadiah. Pasalnya, anak dapat berasumsi bahwa makanan ini lebih baik atau lebih berharga daripada makanan lainnya.

Baca juga:

5 Tips Mengatur Pola Makan buat Anak Obesitas

7. Pastikan Makan di Luar Rumah tetap Seimbang

Cari tahu apa saja yg Si Kecil makan di sekolah, bila perlu bawakan ia bekal makan siang. Pilih juga makan yang lebih sehat saat makan di restoran. Perhatikan ukuran porsi dan bahan makanan. Baca label makanan dan batasi makanan dengan lemak trans. 

Jika orangtua tak ada ide untuk menerapkan pola hidup sehat, tanyakan pada

dokter

melalui aplikasi
Halodoc
tentang tindakan apa yang terbaik. Kini komunikasi dengan dokter lebih praktis cuma melalui aplikasi
Halodoc
. Yuk,


download

aplikasinya sekarang!






Referensi:



WebMD. Diakses pada 2019. Healthy Eating Habits for Your Child


Artikel ini telah diterbitkan oleh www.halodoc.com dengan judul .
Silahkan share jika bermanfaat.