bannerwebsitecta02-1.png

Custom Text

4 Tips Memulai Pola hayati Sehat di Keluarga

Halodoc
, Jakarta – Di tengah ancaman berbagai jenis penyakit yang ada sekarang ini, tentunya kita seluruh berharap bahwa orang-orang yang kita sayangi dapat selalu dalam keadaan sehat. Itulah mengapa penting untuk menerapkan pola hayati sehat di dalam keluarga sejak dini. Pola hayati sehat adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh seluruh anggota keluarga. Yuk, intip tips-tips untuk memulai pola hidup sehat di keluarga berikut ini.

Baca juga:

Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

1. Bicarakan Tentang Pentingnya Gizi yang Baik dan kebiasaan Makan yang Sehat

Peran orangtua sangat utama dalam memberi pemahaman pada anak-anak tentang pentingnya makanan sehat buat tubuhnya dan juga model makan makanan sehat. Membicarakan nutrisi yang baik pada anak bisa sesederhana menjelaskan bahwa kita perlu mengonsumsi berbagai macam makanan yg berbeda untuk memastikan tubuh mendapatkan berbagai asupan vitamin dan mineral yg diperlukan untuk tetap sehat. Tidak hanya itu, ayah dan ibu pun harus memberi contoh yg baik pada anak dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. 

Jadi, rencanakanlah menu makanan dengan anak-anak yang mencakup makanan yg sehat yang dapat dinikmati semua orang. Kemudian, ajak anak untuk berbelanja dan biarkan mereka menemukan sendiri berbagai macam makanan yang berbeda, serta ajari mereka cara buat membaca label makanan.

2. Olahraga Bersama-sama dan buat Catatan Record

Jenis olahraga apapun yang kamu sekeluarga pilih, penting untuk mempertimbangkan usia dan tingkat kebugaran semua anggota keluarga saat ini. Kemudian, kamu bisa berupaya meningkatkan intensitas dan durasi dari berbagai aktivitas. Misalnya, dalam minggu pertama, kamu sekeluarga akan membiasakan diri untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap malam sehabis makan malam, dilanjuti dengan menari dengan menggunakan CD lagu favorit anak di ruang tamu. Nah, di minggu berikutnya, kamu bisa meningkatkan durasi

jalan kaki

dan mempercepat tempo menari.

Selain itu, kamu juga perlu memantau aktivitas fisik keluarga dengan cara mencatatnya dan meletakkannya di tempat-tempat yg terlihat oleh semua orang, misalnya ditempel di lemari es. Tinjau kembali sasaran latihan secara berkala. Ingat, sasaran yang paling utama adalah agar semua anggota keluarga dapat berpartisipasi dalam kegiatan fisik secara teratur. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri untuk terus mencapai target.

Baca juga:

Pilihan Olahraga Keluarga yang dapat Dilakukan Usai Sahur

3. Temukan Cara untuk Mengelola Stres 

Semakin poly penelitian yang menunjukkan bagaimana

stres

dapat memberi pengaruh signifikan terhadap kesehatan. Stres telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dari penyakit perut sampai sakit kepala dan kanker. Menghindari stres sama sekali memang sangat tak mungkin. Namun, ada beberapa cara efektif yang dapat kamu coba untuk mengelola stres. Misalnya, sedang kegiatan, seperti yoga atau meditasi, dan menghabiskan waktu bersama keluarga di alam terbuka.

Dalam dua kasus, mengelola stres berarti kamu harus mengubah prioritas dalam hayati kamu. Misalnya, bekerja selama berjam-jam mungkin baik untuk karier atau kesejahteraan keluarga, tetapi kamu harus menyeimbangkannya dengan istirahat yang cukup demi kesehatan.

4. Hilangkan Kebiasaan Tidak Sehat

Menghilangkan norma tidak sehat juga termasuk dalam pola hayati sehat. Salah satu kebiasaan tidak sehat yang sering ditemukan pada poly keluarga adalah mengonsumsi


junk food

atau camilan tak sehat. Bahkan, bila kamu sekeluarga sudah mengonsumsi makanan sehat setiap hari, makanan atau camilan yang kamu konsumsi di antara waktu makanan dapat menjadi masalah atau penyebab penyakit. 

Jadi, salah satu cara untuk mengurangi godaan ini adalah dengan menyediakan stok camilan sehat di rumah, seperti buah segar, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Saat anggota keluarga pergi sekolah atau bekerja, pastikan mereka membawa makanan ringan yang sehat tersebut. Dengan begitu, mereka akan terhindar dari keinginan buat membeli sesuatu di restoran cepat saji atau penjual gorengan.

Baca juga:

5 Camilan Sehat buat Anak saat Liburan

Nah, itulah 4 tips untuk memulai pola hayati sehat bersama keluarga. Sebagai penyempurna,


download

juga aplikasi
Halodoc
di App Store dan Google Play sebagai teman penolong buat menjaga kesehatanmu sekeluarga. Kamu bisa menghubungi

dokter

melalui

Video/Voice Call

dan

Chat,

buat minta saran kesehatan bila sakit kapan dan di mana saja.








Referensi:



Active Kids. Diakses pada 2020. 4 Ways to Plan a Healthy Lifestyle for Your Family.




Today’s The Best Day. Diakses pada 2020. How To Promote A Healthy Lifestyle For The Whole Family.


Artikel ini telah ditulis oleh www.halodoc.com dengan judul .
Silahkan berbagi jika bermanfaat.