2 Resep Semur Daging Sapi yang Gurih Sedap

2 Resep Semur Daging Sapi yang Gurih Sedap

Custom Text

Jakarta

Semur daging bisa jadi pilihan buat sahur atau buka puasa yang sedap. Dimasak hingga bumbu meresap membuat rasanya manis, gurih dan enak.

Menurut sejarah sajian semur daging diadaptasi dari kuliner Belanda ‘smoor’ yang artinya stew atau daging yang dimasak perlahan dan berkuah kental. Adaptasi kuliner Belanda dan Jawa ini dikenal pada masa penjajahan Belanda.

Selanjutnya adaptasi semurpun mengalami poly varian. Isiannya tak hanya daging sapi, dapat daging kerbau, daging kambing, ayam, bahkan telur, tempe dan tahu.

Bumbunya diadaptasi dengan versi lokal seperti semur Betawi yang lebih pekat. Pengikatnya hanyalah kecap manis yang memberi rasa manis karamel dan kedelai yang sedap pada semur.

Berikut ini dua fakta dan cara membuat 2 jenis semur daging populer yang cocok buat lauk sahur dan buka puasa.

1. Jenis Daging

Tidak semua bagian daging sapi enak dimasak semur. Bagiandaging sapi yang mengandung sedikit lemak cocok buat semur karena akan memberi rasa gurih alami yang enak.

Daging sapi kisi atau sengkel yang milik kandungan urat, lapisan lemak yang sedikit kenyal cocok diolah buat semur. Meskipun proses memasaknya sedikit lebih lama.

Bagian sanding lamur atau brisket yang lebih berlemak, cocok juga diolah untuk semur. Hanya saja lemaknya sedikit lebih poly tetapi cukup empuk meskipun perlu waktu agak lama untuk memasaknya.

Jika tak suka daging berlemak, bisa memakai lulur atau has dalam atau luar. Selain lebih cepat lunak, tak mengandung poly lemak. Cocok buat mereka yang mengurangi asupan lemak hewani.

§


2. Varian Isi

Isian semur sangat beragam. Selain daging sapi, daging ayam juga enak dibuat semur. Kadangkala orang menambahkan telur ayam, tahu dan tempe untuk dimasak bersama daging hingga rasanya lebih enak.

Masyarakat Betawi mengolah jengkol menjadi semur yang dimasak hingga kuahnya kental dan meresap dalam jengkol. Rasa nutty renyah jengkol dengan bumbu gurih manis yang kental memberikan rasa yg sedap. Apalagi dipadukan dengan sambal.

3. Bumbu

Bumbu yang biasa dipakai buat memasak semur adalah bawang merah atau bawang bombay dan bawang putih. Untuk semur Betawi ditambahkan kemiri, kayu manis, cengkeh dan pala.

Bumbu tersebut merupakan perpaduan masakan Belanda dengan bumbu atau rempah lokal berupa pala, merica dan kemiri. Sedangkan bumbu yang terus dipakai adalah kecap manis. Hal ini menunjukkan penyerapan masakan Belanda dan Jawa yang sangat baik. Perpaduannya menghasilkan rasa yg unik dan klasik.

Jenis kecap manis memang berperan utama pada rasa semur. Tergantung pada jenis kecap manis yg dipakai. Di beberapa daerah dipakai kecap manis produk lokal yg punya rasa manis gurih yang seimbang. Bahkan tiap keluarga milik racikan bumbu dan kecap manis favorit buat semur daging.

§

4. Semur Daging Klasik

Semur daging klasik ini yaitu adaptasi dari kuliner Belanda. Olahan daging sapi mirip beefsteak tapi ditambah rempah berupa pala dan lada serta kecap manis yang poly dipakai sebagai bumbu di pulau Jawa.

Kuahnya nyemek sedikit encer dan biasanya dipadukan dengan kentang dan tomat. Rasanya manis gurih dengan aroma wangi biji pala. Berikut ini Resep Semur Daging klasik.

Bahan:

250 g daging sapi gandik/punuk
2 sdm minyak sayur/margarin
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 buah tomat merah, potong-potong
2 buah kentang, kupas, potong-potong
750 ml air
100 ml kecap manis
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt garam

Cara membuat:

• Potong-potong tipis daging sapi.
• Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu.
• Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna dan kaku.
• Tuangi air, masukkan tomat, pala, merica dan garam. Didihkan hingga daging hampir lunak.
• Masukkan kentang, masak dengan api kecil hingga kuah menyusut.
• Angkat, sajikan hangat.

§


5. Semur Daging Betawi

Bahan:

500 g daging sapi lulur luar
2 sdm minyak sayur
3 cm kayu manis
2 butir cengkih
2 lembar daun salam
150 ml kecap manis
500 ml air
3 buah kentang, kupas, potong 4, goreng setengah kering
Haluskan:
5 butir kemiri
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
¼ butir pala
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:

• pangkas daging melintang serat 1,5 cm. Sisihkan.
• Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang.
• Masukkan irisan daging, aduk hingga kaku dan berubah warna.
• Tuangi air, tambahkan kecap manis, kayu manis, cengkih dan daun salam.
• Beri kecap dan air.
• Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan daging hampir lunak.
• Masukkan kentang, masak kembali hingga kuah kental dan daging empuk.
• Angkat dan sajikan hangat.

Untuk 8 orang

(odi/odi)

Artikel ini telah diterbitkan oleh food.detik.com dengan judul 2 Resep Semur Daging Sapi yang Gurih Sedap.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.