8-cara-hidup-sehat-yang-mudah-dilakukan-tapi-sering-diabaikan-1572429906.jpg

Custom Text

10 Cara hayati Sehat yang Mudah Dilakukan dari Rumah

Meski tahu dan sadar akan manfaatnya, ada sebagian orang yang tidak peduli dengan pola hayati sehat. Padahal hidup sehat memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan, bahkan merupakan kunci dari panjang umur.

Untuk mewujudkannya, ada sederet cara hidup sehat yang perlu Anda terapkan dengan baik dan konsisten. Beberapa di antaranya bahkan tidak sulit untuk dilakukan. Jika Anda ingin memulainya, inilah cara hayati sehat yang dapat Anda coba:

Memulai cara hayati sehat

Melakukan pola hidup sehat pada dasarnya tak ribet, asalkan Anda konsisten dan rutin melakukannya. Beberapa langkah sederhana yang dapat Anda terapkan sebagai cara hayati sehat, di antaranya:

1. Sempatkan berolahraga

Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal 2½ jam setiap minggunya. Sempatkan untuk berolahraga karena melakukan peregangan bagus buat tubuh dan pikiran Anda. Lakukan olahraga yg Anda sukai, misalnya berlari, bersepeda, berenang, senam, yoga, dan lainnya.

Anda juga dapat melakukan latihan di pusat kebugaran buat membantu membakar kalori dan membentuk massa otot. Banyak ahli juga merekomendasikan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

2. Tidur yang cukup

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam buat tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya. Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru.

Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan Anda. Akan lebih baik jika Anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

3. Minum air putih yang cukup

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga dapat menambahkan irisan lemon, jeruk atau timun bagi membuat air menjadi lebih segar.

Sebaiknya, hindari minuman ringan bergula dan minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yg tak bernutrisi, serta dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe-2. Selain itu, hindari pula alkohol karena bisa memberi efek negatif pada tubuh.

4. Memilih makanan yang baik

Pola makan yg sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi dan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Ini juga bisa membantu Anda mempertahankan berat badan normal.

Pastikan dalam piring Anda terdapat cukup protein yg berasal dari hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak yang baik. Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yg mengandung banyak gula.

5. Menjaga berat badan ideal

Obesitas dikaitkan dengan usia yg lebih pendek dan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda buat menjaga berat badan dalam kisaran yang normal.

Mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga bisa membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan ideal.

6. Hindari rokok

Menurut ahli, merokok menjadi salah sesuatu pemicu terbesar timbulnya berbagai penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Jika Anda ingin mewujudkan hidup sehat, tentu saja Anda harus berhenti merokok.

Meski berhenti merokok bukan masalah mudah, sebaiknya pikirkan berbagai konsekuensi buruk akibat merokok yg dapat terjadi pada Anda dan keluarga. Rokok mampu merusak paru-paru dan jantung, disfungsi ereksi, bahkan mampu mempercepat kerutan pada kulit.

7. Memelihara kesehatan mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang buruk dapat mempngaruhi energi dan fokus Anda, bahkan meningkatkan peluang terkena penyakit jantung.

Jika Anda merasa stres, cemas, depresi, atau masalah lainnya, Anda dapat membicarakannya pada pasangan, keluarga atau teman untuk meringankan perasaan Anda. Namun bila itu tidak menolong, Anda dapat meminta donasi pada psikolog.

8. Sempatkan berjalan-jalan

Beberapa menit berada di bawah sinar matahari pagi, dapat meningkatkan kadar vitamin D yang baik untuk tulang, jantung, dan suasana hati Anda.

Berada di luar ruangan juga cenderung membuat tubuh Anda lebih aktif bergerak. Akan lebih baik jika Anda sempatkan untuk berjalan-jalan di alam terbuka yang dapat membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

9. Rutin cek kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memudahkan Anda mendeteksi suatu penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. Pemeriksaan kesehatan yang paling umum dapat Anda akan dari pengukuran berat dan tinggi badan, tekanan darah, hingga cek dan deteksi dini kanker.

10. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil, dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah yang sahih. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan, seperti mencegah perkembangan sumber penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

[[artikel-terkait]]

Penyakit yang dapat dihindari dengan sedang cara hidup sehat

Menerapkan cara hayati sehat dapat membantu mencegah kondisi kesehatan eksklusif, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Anda juga dapat menjaga kolesterol dan tekanan darah dalam batasan yang aman.

Menerapkan berbagai cara hayati sehat juga bisa mencegah atau membantu Anda mengelola berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Sindrom metabolik
  • Diabetes
  • Radang sendi
  • Depresi
  • Jenis kanker tertentu

Selain menerapkan cara-cara di atas, sebaiknya lakukan juga pemeriksaan fisik setiap tahun buat memastikan kondisi tubuh Anda baik-baik saja. Tanyakan pada dokter tentang berbagai hal yang dapat Anda lakukan buat meningkatkan kesehatan.

Artikel ini telah ditulis oleh www.sehatq.com dengan judul 10 Cara Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan dari Rumah | SehatQ.
Silahkan share jika bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here